Bundles of network cables with cable ties isolated on white background Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Siapa sih yang mau rumahnya terbakar? Pastinya tidak ada. Kamu juga pastinya ingin terhindar dari bahaya ini.

Nah, supaya kamu bisa aman dan terhindar dari bahaya kebakaran. Kamu harus memerhatikan sederetan hal terkait listrik di rumah kamu.

Baca juga: Ruang di Bawah Tangga Bisa Jadi Storage Apa Saja Ya?

Pertama, kamu harus memastikan di rumah selalu memastikan material listrik yang terjamin kualitasnya. Kamu harus membeli stop kontak, saklar, atau steker yang baik dan bermutu.

Material bagus tentu sebanding dengan kualitas baik. Tentunya kamu bisa yakin dengan kekuatan dan keamanan barang tersebut.

Baca juga: Mau Suasana Berbeda Di Ruang Makan? Atur Lampu Dong Ah

Kedua, kamu harus segera memperbaiki atau mengganti kabel yang rusak. Kalau kamu menemukan kabel yang terbuka atau terkelupas, kamu harus menggantinya dengan segera. Jangan sampai kabel itu terkena air atau bergesekan dengan kabel lain.

Ketiga, kamu harus mewaspadai adanya bau terbakar atau peralatan listrik yang berkedip-kedip. Kadang kala ada peralatan yang terbakar atau kabel yang terbakar, baunya tidak terlalu menyengat. Kamu harus mematikan aliran listrik dan memanggil tukang listrik yang bersertifikasi.

Baca juga: Hmm, Bingung Pilih Material Untuk Pagar? Baca Ini Dulu Dong

Keempat, kamu harus memberikan perhatian kepada peralatan listrik yang mengonsumsi daya besar dan terpasang terus menerus. Peralatan yang menyala sepanjang hari biasanya lemari es. Sementara pendingin udara alias AC dan mesin air juga menyala dalam durasi lama setiap hari. Kamu harus rutin mengecek semuanya.

Kelima, kamu tidak boleh menempatkan stop kontak menumpuk pada salah satu sumber listrik. Kalau ini terjadi, arus pendek bisa saja terjadi.

Baca juga: Punya Waktu Senggang? Kenapa Ga Dekorasi Rumah Aja?

Keenam, kamu harus menjauhkan peralatan listrik dari jangkauan anak-anak. Banyak anak belum mengerti bahaya listik, kamu harus memberitahukannya.

Ketujuh, kamu harus mematikan listrik saat bepergian jauh. Ketika kamu pergi ke luar kota atau ke luar negeri dalam jangka waktu lama, kamu harus mencabut steker sejumlah peralatan listrik. Kalau bisa, matikan saja aliran listriknya agar kamu bisa tenang saat bepergian.

Bagikan: 1843 kali