Teras dan taman mungil yang tetap menyegarkan mata. Foto: Istock Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Nyamuk banyak di rumah kamu? Kamu harus mengusirnya dong supaya nyamuk tidak mengganggu kamu lewat penyakit yang dibawanya.

Kamu tahu kan kalau nyamuk bisa menyebarkan penyakit demam berdarah, malaria, hingga zika. Kamu tidak boleh membiarkan nyamuk merajalela di rumah.

Sebenarnya, nyamuk bisa dienyahkan bahkan saat kamu mulai mendesain rumah. Tetapi, bagaimana kalau kamu menempati rumah yang telah jadi.

Pertama, kamu bisa mengatur sirkulasi udara. Usahakan kalau udara rumah kamu selalu bisa mengalir ke luar sehingga rumah tidak menjadi lembab. Beberapa jenis nyamuk memang suka berada di tempat yang lembab.

Kedua, kamu bisa mengganti cat dinding rumah. Warna-warna cat rumah yang terang cenderung tidak disukai oleh nyamuk.

Ketiga, kamu harus menjaga kebersihan rumah. Kamu harus merapikan bagian rumah yang jarang dikunjungi seperti gudang dan garasi agar nyamuk tidak bersembunyi di sini.

Baca juga: Mau Tahu Desain Rumah yang Bikin Nyamuk Nggak Betah?

Keempat, kamu bisa menanam tumbuhan yang memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Kamu dapat menempatkannya dalam pot dan kemudian ditaruh dalam beberapa ruangan.

Kelima, kamu harus memerhatikan tempat yang ada air. Kamu mesti memantau kolam air, akuarium, ember, bak mandi, atau vas bunga. Kamu mesti mengganti air secara berkala. Ada nyamuk yang menyukai bertelur dan berkembang biak di air bersih.

Kamu harus rutin melakukan hal tersebut untuk mengusir nyamuk. Mungkin saja nyamuk tidak hilang sepenuhnya tetapi setidaknya bisa berkurang.

Bagikan:
1403 kali