Rendering of a Contemporary elegant chic living room with grey tufted sofa Ilustrasi. (Rumah123.com/iStockphoto)

Kamu memiliki sofa dengan bahan pelapis kulit di rumah atau apartemen kamu? Pasti keren banget kan dan terkesan mewah.

Sofa dengan bahan pelapis kulit alias sofa kulit memang terkesan wah. Tapi jangan salah, barang ini tidak lagi keren kalau tidak dirawat dengan baik.

Sofa kulit memerlukan perawatan ekstra. Salah penanganan maka sofa kulit kamu bakal memiliki bagian permukaan yang tidak kinclong dan mungkin pecah-pecah.

Kalau kamu ingin membersihkannya, kamu hanya perlu kain untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di atas permukaan.

Jika ada kotoran di sela-sela sofa, kamu bisa menggunakan mesin penyedot debu. Usahakan rajin untuk melakukannya karena sela-sela sofa sering kali kotor.

Baca juga: Beda Bahan Pelapis Sofa, Beda Juga Penanganannya Lho

Kamu juga perlu mengoleskan kondisioner atau pelembab khusus bahan kulit untuk menjaga  kualitas kulit sofa agar tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Sementara kalau ada noda membandel seperti cairan tinta atau goresan, sebaiknya kamu menggunakan cairan khusus pembersih kulit sofa.

Ngomong-ngomong, kamu mesti ingat kalau kamu tidak boleh menggunakan deterjen dan sikat untuk membersihkan sofa kulit. Kalau kamu lakukan, kulit pelapis sofa akan pecah-pecah.

Bagikan: 1102 kali