Cooking salad Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Sebagai mom, kamu pastinya ingin memastikan makanan yang dimakan anggota keluarga adalah santapan yang bergizi.  Kamu juga ingin kesehatan keluarga terjaga.

Untuk itu, kamu hanya perlu dapur yang bersih, rapi, dan tertata dengan baik kok. Dengan begitu, kamu bisa membuat masakan yang sehat dan lezat. Nah, untuk itu kamu perlu mengatur dapur yang sehat. Begini nih caranya.

Pertama, kamu harus memenuhi ketersediaan bahan makanan utama. Kamu harus memastikan kalau beras, kacang-kacangan, pasta, tepung, roti tawar, susu, dan lainnya tersedia.

Kedua, kamu mesti memastikan konsumsi buah segar. Kamu harus selalu menyediakan buah-buahan yang digemari oleh anggota keluarga. Buah menjadi pilihan cemilan sehat bagi keluarga.

Ketiga, kamu harus terbiasa menyiapkan bahan makanan. Kamu bisa membeli sayuran dan buah-buahan untuk stok seminggu. Agar tetap segar, kamu bisa menempatkannya dalam wadah plastik kedap udara dan kemudian disimpan di lemari es.

Baca juga: Yuk, Hidup Sehat di Rumah Saat Musim Hujan Datang

Keempat, kamu bisa mengatur agar makanan sehat selalu tersaji. Kamu harus terbiasa untuk menyajikan makanan sehat dan menyimpannya dalam kulkas atau lemari makan. Dengan begitu, kamu terbiasa makan sehat dan tidak ingin menyantap makanan cepat saji.

Kelima, kamu mesti mengatur ulang peralatan dapur. Kamu harus memerhatikan mana peralatan yang biasa digunakan dan mana yang tidak. Lebih baik kamu menyimpan peralatan dapur yang jarang digunakan agar dapur menjadi lebih rapi.

Keenam, kamu harus memastikan peralatan dapur bersih. Pisau, panci, wajan, dan lainnya yang biasa digunakan untuk memasak harus selalu dalam keadaan bersih.

Nah, kalau dapur kamu rapi dan bersih, kamu juga terbiasa untuk memasak makanan sehat dan selalu menyajikannya, maka keluarga kamu pun menikmati hidup sehat.

Bagikan: 1108 kali