Salah memilih jasa renovasi rumah, bisa-bisa uang terbuang dan keselamatan penghuni rumah terancam. Untuk itu, sebaiknya kamu simak dulu 4 tips berikut ini!

renovasi rumah - rumah123.com

Merenovasi rumah merupakan sebuah keputusan besar yang harus disertai perencanaan yang matang. Pertama, biaya renovasi rumah tidaklah murah. Kedua, renovasi rumah berhubungan dengan struktur dan konstruksi bangunan. Jika ada kesalahan sedikit saja, dampaknya pun sangatlah fatal. Baik itu untuk keuangan, maupun untuk keselamatan penghuni rumah. 

Inilah alasan kenapa kamu harus mencari jasa renovasi rumah yang paling tepat. Tentunya kamu tak mau kan mendapatkan pekerja yang asal-asalan dan hasilnya mengecewakan? Untuk itu, sebaiknya simak baik-baik 4 tips yang harus diperhatikan agar tak salah memilih jasa renovasi rumah.

Pilih yang sudah memiliki sertifikasi

Renovasi rumah sebaiknya dikerjakan oleh penyedia jasa yang bukan cuma memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi, melainkan memang memiliki sertifikasi pada bidangnya. Mungkin banyak orang yang mengabaikan hal ini karena menganggap bahwa biaya jasa yang keluar pasti akan lebih besar. Mungkin ini benar adanya. Renovasi dengan jasa tukang tentu lebih murah. Tapi, jika skala renovasi tersebut besar, atau memang membutuhkan desain tertentu, sebaiknya kamu mencari bantuan kontraktor sekaligus arsitek.

Pilih kontraktor yang menyediakan RAB

Dalam merenovasi rumah, Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) sangat dibutuhkan untuk menghindari perselisihan antara kamu dan kontraktor. RAB juga bisa membuat perencanaan biaya semakin jelas. Kamu bisa meminta kontraktor untuk memberi penawaran harga yang disusun secara rinci di RAB. Lalu, RAB tersebut bisa didiskusikan dan disesuaikan kembali sesuai anggaranmu.  

Baca juga: 9 Gambar Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah Ini Bikin Ngiler!

Lihat dulu portofolio hasil renovasi

Setiap mau belanja online di tempat baru, hal pertama yang kamu lakukan adalah melihat testimoni orang yang pernah berbelanja di sana. Begitu juga dengan renovasi rumah, sebaiknya kamu melakukan hal yang sama. Cek dulu portofolio hasil kerja penyedia jasa renovasi rumah.

Apakah sudah sesuai dengan seleramu? Jika iya, lalu cek testimoni orang-orang yang pernah menggunakan jasa tersebut. Apakah kebanyakan testimoninya positif, atau justru negatif? Dari sana, kamu bisa memilih mana yang tepercaya dan mana yang tidak. 

Baca juga: Renovasi Rumah dengan Bujet Hanya Rp 4 Jutaan, Kata Siapa Gak Bisa?

Tanyakan garansi pasca renovasi

Untuk mengantisipasi adanya kerusakan atau ketidaksesuaian setelah proses renovasi selesai, tanyakan sedari awal mengenai garansi pasca renovasi. Beberapa penyedia jasa renovasi rumah ada yang memberikan garansi dan biaya perawatan gratis pasca renovasi apabila hasil kerja kontraktor tidak sesuai dengan perjanjian awal, atau mengalami kerusakan. Sebaiknya kamu memilih yang seperti ini. 

Dengan 4 tips di atas, semoga kamu semakin mudah untuk menemukan penyedia renovasi rumah yang paling cocok untukmu. Selamat mencari dan selamat membenahi rumahmu!

Bagikan: 2910 kali