rumah kelapa gading - rumah123.com Ilustrasi mobil terendam banjir di Jakarta - Rumah123.com

Di awal tahun 2020 ini, banjir Jakarta kembali melanda karena hujan yang terus menerus turun. Beberapa jalan pun lumpuh total dan ratusan rumah terendam, tentu hal ini membuat panik karena banyak barang berharga di dalam rumah yang berisiko hanyut atau rusak. Salah satu barang berharga yang seringkali membuat resah para pemiliknya ketika terjadi banjir adalah mobil. Banyaknya perangkat elektronik didalam mobil dan harganya yang tidak murah membuat barang ini rentan menjadi sumber kerugian besar ketika terjadi banjir.

Namun tidak usah khawatir, pada artikel di bawah akan dibahas bagaimana sih cara menyelamatkan mobil kamu dari kerusakan ketika terendam banjir di rumah. Yuk simak artikel di bawah!

Jangan Dinyalakan!

Ketika banjir sudah merendam mobil kamu hingga setengah ban lebih, jangan sekali kali menyalakan mobilmu. Hal ini dikarenakan perangkat elektronik di dalam mobil mudah mengalami korsleting apabila dinyalakan dalam keadaan basah atau lembab. Dalam alasan apapun mobil tidak boleh dinyalakan sehabis terendam banjir, sebelum mobil dibawa dan dicek ke bengkel dan dipastikan keadaannya aman, mobil tetap akan berpotensi rusak parah apabila dinyalakan ketika habis terendam banjir.

Segera Evakuasi Mobil ke Tempat yang Aman

Untuk mencegah kerusakan lebih dalam atau risiko hanyut. Segera evakuasi mobil kamu dengan memanggil jasa truk towing atau derek gendong kendaraan. Jasa truk towing atau derek gendong ini sudah tersebar luas di seluruh daerah serta mempunyai armada truk mumpuni yang mampu menerjang banjir skala normal. Jangan tunggu waktu lebih lama, karena semakin lama mobil terendam banjir maka semakin besar dan luas juga risiko kerusakan komponen komponen di dalamnya.

Rantai Mobil di Tempat yang Aman

Terkadang banjir tidak hanya berupa air yang tenang saja, bisa jadi air banjirnya memiliki arus yang cukup kuat untuk menghanyutkan mobil kamu. Untuk mencegah hal ini, ikatlah mobil di tiang atau pohon besar di dekat rumahmu menggunakan rantai atau kabel baja. Setiap mobil memiliki winch point atau titik derek atau ikat di depan dan belakang mobil, rantailah mobil di titik derek ini karena ini adalah titik yang paling kuat dari setiap mobil.

Selamatkan Surat-Surat dan Dokumen Penting di Dalam Mobil

Setiap mobil tentu memiliki surat surat dan dokumen penting seperti record service, STNK, Buku Manual, Faktur pembelian dan lain lain. Apabila kamu menyimpan dokumen ini di dalam mobil, segera selamatkan! Dokumen penting ini akan berguna di masa mendatang untuk klaim asuransi atau untuk histori servis mobil kamu ke depannya.

Bawa Ke Bengkel Terdekat

Komponen mobil itu jumlahnya sangat banyak. Kita tentu tidak bisa memastikan komponen mana yang rusak karena terendam maupun yang masih baik karena harus dibongkar semuanya.  Biasanya komponen yang dicek adalah kondisi mesin, oli mesin dan bagian kelistrikan seperti audio, komputer mesin (ECU) dan lain sebagainya. Serahkan hal ini ke bengkel langganan kamu yang berpengalaman supaya mobil kamu segera dapat pulih lagi setelah terendam banjir.

Kami turut berduka atas banjir yang melanda Jabodetabek di awal tahun 2020. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang terkena musibah banjir ini ya!

Bagikan: 2150 kali