Perbaikan Jalan Layang Cengkareng, Jakarta Barat Direncanakan Selesai Pada Awal Januari 2019 (Foto: Rumah123/Metrotvnews.com)

Flyover atau jalan layang Cengkareng, Jakarta Barat mengalami keretakan dan perenggangan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sedang melakukan perbaikan flyover ini.

Jalan layang ini menghubungkan area Pluit dan Kembangan, Jakarta Barat. Pengerjaan ini diproyeksikan selesai pada Kamis (03/01/2019) mendatang.

Sebelumnya, jalan layang mengalami keretakan pada Rabu (27/12/2018). Kepolisian pun langsung melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan sekitar setelah menutup jalan layang.

Baca juga: Flyover Alindra Mempermudah Akses Penghuni Kota Harapan Indah

Kementerian PUPR memasang sejumlah median concrete barrier (MCB), lampu penerangan, serta jaring pengaman. Hal ini dilakukan guna memastikan keselamatan para pekerja dan pemasangan jaring pengaman.

“Perbaikan mencakup penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Endra S. Atmawidjaja seperti dilansir oleh Kompas.com.

Sebenarnya, masalah ini sudah mulai terindentifikasi pada awal 2018. Sejumlah perbaikan sudah dilakukan oleh Kemen PUPR.

Baca juga: Wah, Bakal Ada Skatepark di Kolong Flyover Slipi

Kemen PUPR memasang penyangga atau shoring dan melakukan penguatan pada pilar jalan layang. Setelah itu, proses perbaikan juga dilakukan dengan pengangkatan (jacking) serta mengganti pot bearing yang mengalami kerusakan.

Pot bearing ini memiliki fungsi untuk mentransfer beban dari traffic atau lalu lintas kendaraan. Pot bearing ini tidak berfungsi selayaknya dan perlu direhabilitasi.

Bagian ini memang merupakan produk pesanan dari pabrik. Pembuatannya memakan waktu 3-4 bulan. Alhasil, proses perbaikan baru dapat dilakukan saat ini. Nah, buat kamu yang tinggal di kawasan Cengkareng, cari jalan alternatif hingga awal Januari 2019 ya.

Baca juga: Flyover Cengkareng Retak, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

Bagikan: 1545 kali