virus corona- rumah123.com Ilustrasi Konstruksi Bangunan. China Akan Membangun Rumah Sakit dalam Waktu Enam Hari untuk Mengatasi Wabah Pneumonia Misterius Akibat Virus Corona Novel. Ribuan Orang Telah Terjangkiti Virus Ini, Puluhan Di Antaranya Meninggal Dunia (Foto: Rumah123/REA Adobe Experience Manager)

China akan membangun rumah sakit bagi para penderita virus corona novel. Rumah sakit akan dibangun dalam tempo enam hari saja.

Pneumonia misterius sedang melanda China dan juga beberapa negara lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus corona jenis terbaru. Virus corona novel ini dikenal dengan nama 2019-nCoV.

Jumlah orang yang terjangkit oleh virus corona novel ini sudah mencapai lebih dari 2.000 orang di beberapa negara hingga Ahad (26/1/2020). Sementara jumlah mereka yang meninggal mencapai 56 orang. Seluruh korban berada di China.

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Virus Corona yang Sedang Mewabah Saat Ini

Untuk mengatasi wabah virus corona ini, pemerintah China membangun sebuah rumah sakit dalam waktu hanya enam hari. Situs berita asal Inggris BBC.co.uk menyatakan pembangunan rumah sakit di Wuhan telah dimulai sejak Sabtu (25/1/2020).

Virus ini muncul di Wuhan, sebuah kota di Provinsi Hubei. Wuhan dan sejumlah kota lainnya telah ditutup untuk mencegah penyebaran virus.

Rumah Sakit dengan 1.000 Tempat Tidur untuk Pasien Virus Corona Novel

Seluruh rumah sakit di Wuhan telah dibanjiri oleh para pasien. Mereka yang diduga terkena virus ini juga sedang dirawat. Peralatan medis dan juga obat-obatan mulai habis.

Untuk mengatasi penyebaran virus corona novel ini, Pemerintah China membangun rumah sakit dalam waktu singkat.

Rumah sakit ini memiliki luas 25.000 meter persegi. Nantinya, rumah sakit ini memiliki ribuan tempat tidur yang bisa menampung 1.000 pasien. Sejumlah media China melansir bahwa sejumlah alat berat sudah dikerahkan untuk menggali tanah.

Baca juga: Tips Sehat: Sejumlah Fakta Terkait Virus Corona

Sebenarnya, rumah sakit ini serupa dengan rumah sakit yang dibangun di ibu kota China, Beijing pada 2003. Saat itu, China sedang dilanda wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Ratusan orang meninggal akibat virus SARS yang sebenarnya masih satu keluarga dengan virus corona novel.

“Pada dasarnya ini adalah rumah sakit karantina, mereka mengirim orang-orang yang terkena penyakit berbahaya ini karena tempat ini memiliki standar keselamatan dan peralatan pencegahan,” ujar Joan Kaufman, seorang dosen mengenai kesehatan global dan pengobatan sosial di Harvard Medicine School di Amerika Serikat.

Bagaimana China Bisa Membangun Rumah Sakit dalam Waktu Singkat

Bagaimana ceritanya manusia bisa membangun rumah sakit dalam waktu singkat. Biasanya bangunan dibangun dalam waktu beberapa bulan hingga tahun.

“China memiliki rekor untuk mengerjakan proyek secara cepat bahkan untuk proyek monumental seperti ini,” ujar Yanzhong Huang. Dia adalah pakar senior untuk kesehatan global di Dewan Kerja Sama Luar Negeri.

Dia menunjuk rumah sakit di Beijing yang dibangun pada 2003. Pembangunan rumah sakit ini hanya memakan waktu tujuh hari. Bukan tidak mungkin, rumah sakit di Wuhan bisa memecahkan rekor.

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Obesitas dan Cara Pencegahan Pada Anak

Seperti halnya pembangunan rumah sakit di Beijing, rumah sakit di Wuhan ini akan dibangun dengan bahan prefabrikasi. Pemerintah China yang otoritarian bisa melakukan mobilisasi dari atas ke bawah. Pemerintah bisa mengatasi masalah birokrasi dan kerumitan finansial untuk memobilisasi semua sumber daya.

Huang yakin kalau para insinyur akan didatangkan dari seluruh China untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit. Rekayasa bangun di China tergolong bagus. China memiliki rekor membangun gedung pencakar langit dengan cepat. Hal ini tidak bisa dibayangkan oleh orang Barat.

Sementara untuk pasokan obat-obatan dan peralatan medis, rumah sakit ini bisa mengambil dari rumah sakit lain atau memesan langsung ke pabrik. Global Times melansir bahwa 150 tenaga medis dari Tentara China sudah tiba di Wuhan. Meski begitu, belum ada konfirmasi apakah mereka akan bekerja di rumah sakit yang baru setelah selesai dibangun.

Baca juga: Tips Sehat: Hadapi Suhu Panas, Ini Dia 6 Cara Menjaga Kondisi Tubuh

Bagikan:
9323 kali