Rumah dengan Kolam yang Didesain oleh Cutler Anderson Architects (Rumah123/Dezeen)

Rumah dibangun mengelilingi pohon? Ah, itu biasa ya. Sudah banyak arsitek yang merancang hunian seperti ini.

Tetapi, kalau rumah dibangun mengelilingi kolam? Hmm, kayaknya tidak terlalu banyak ya rumah seperti ini kan?

Baca juga: Kalau Punya Basement, Mau Dibikin Apa Ya? Mau Bikin Kolam Renang Ga?

Biro arsitek Cutler Anderson Architects mendesain sebuah hunian yang benar-benar dekat dengan alam. Firma ini didirikan oleh James Cutler dan Bruce Anderson pada 1977 silam.

Rumah ini berada di Connecticut, Amerika Serikat. Ada kolam berukuran besar yang bersisian dengan rumah. Hunian ini berada di atas lahan seluas 1,74 hektare.

Baca juga: Keberadaan Kolam dan Taman Bisa Jadi Oase Menyegarkan dalam Hunian Lho

Tantangan untuk membuat rumah ini adalah bagaimana bisa mengakomodasi sebuah kolam besar. Cutler Anderson Architects menyiasati dengan membagi rumah menjadi tiga bagian yang mengikuti kolam.

Material kayu digunakan untuk interior dan eksterior. Bagian luar mengaplikasikan kayu yang dibiarkan unfinished dengan tujuan bisa tahan terhadap cuaca dan bisa selaras dengan alam.

Baca juga: Menurut Kamu, Ini Kolam Renang atau Akuarium Ya?

“Desain mencoba menyelaraskan rumah dan kolam menjadi satu kesatuan. Kolam besar menjadi bagian utama dari pemilik rumah dan sekarang burung, ikan, serangga air, dan binatang amfibi bisa memperkaya pengalaman sehari-hari,” ujar Cutler Anderson Architects seperti dilansir oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Hunian ini hanya satu lantai. Kolam bisa terlihat dari sebagian besar rumah. Rumah ini terdiri dari tiga bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Baca juga: Yuk, Tengok Rumah Berdesain Burung Hantu di Korea Selatan

Saat memasuki pintu masuk, ada akses menuju dapur, ruang keluarga, dan ruang makan. Semua ruangan memiliki jendela besar. Alhasil, semua ruangan mendapatkan cahaya alami matahari.

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur yang memiliki kamar mandi dan ruang penyimpanan pakaian. Ada lorong kecil untuk menuju kamar tidur.

Baca juga: Manusia dan Burung Bisa Tinggal Bareng di Rumah Ini Lho, Mau Ikutan?

Wah, asyik banget ya kalau punya rumah seperti ini. Penghuni bisa melihat burung, ikan, dan serangga yang berkeliaran di halaman rumah. Mau punya rumah seperti ini juga?

Penghuni Bisa Melihat Kolam dari Berbagai Sudut Rumah (Rumah123/Dezeen)
 
Cutler Anderson Architects Mendesain Rumah Satu Lantai yang Dekat dengan Kehidupan Alam (Rumah123/Dezeen)
 
Dari Selasar Rumah, Penghuni Dapat Melihat Burung, Serangga, dan Ikan di Area Kolam (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1060 kali