Bangunan yang Didesain oleh 3XN (Rumah123/Dezeen)

Sebuah bangunan multifungsi baru saja diselesaikan di kawaasan Orestad Syd, Copenhagen, Denmark. Bangunan ini dapat digunakan untuk pertandingan olah raga dan juga budaya.

Biro arsitek asal Denmark, 3XN mendesain bangunan seluas 35.000 meter persegi yang diberi nama Royal Arena. 3XN berkolaborasi dengan firma arsitektur lainnya HKS yang berasal dari Amerika Serikat.

Baca juga: Ruang Publik Plus Galeri di Atas Lahan Parkir

Bangunan ini memang unik dengan kombinasi fasad dari kaca dan juga material kayu. Bangunan ini juga unik karena dirancang bisa untuk pertandingan olah raga dan juga konser musik.

Lokasi bangunan ini kebetulan berada dekat pemukiman penduduk yang padat, 3XN dan HKS ingin memastikan kalau proyek ini akan memberikan kontribusi kepada komunitas lokal. Tentunya supaya mereka mau terlibat dalam pemanfaatan fasilitas dan ruang.

Baca juga: Ruang Publik dan Akses Pejalan Kaki di Kawasan Bisnis, Keren Kan!

“Pertanyaan terpenting kami sebelum memulai proyek Royal Arena ini adalah bagaimana desain ini juga bagus bagi kawasan sekitar,” ujar founder dan creative director 3XN, Kim Herfort Nielsen kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Bangunan serba guna ini memiliki podium yang berfungsi menjadi penghubung antara bangunan dan kawasan sekelilingnya. Ada sejumlah plaza dan area untuk bersosialisasi.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Masyarakat yang tinggal dan bekerja di kawasan ini diharapkan bisa tertarik untuk menggunakan ruang publik ini, begitu juga dengan tangga masuk yang lebar dan plaza. Tentunya ketika bangunan sedang tidak menggelar acara.

Wah, asyik ya kalau sebuah kota atau kawasan memiliki area ruang publik yang besar. Masyarakat bisa menggunakannya untuk bersantai, bersosialiasi, dan lainnya.

Baca juga: Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

By the way, kamu sering nggak sih berkumpul dengan teman atau kerabat di taman kota atau ruang publik lainnya? Tentunya lebih enak kan kalau berada di taman ketimbang nongkrong di mall.

Bagikan:
1153 kali