Pemerintah Menargetkan Akan Mulai Membangun MRT Koridor North-South Fase 2 Pada 2019 (Foto: Rumah123/Detik.com)

Presiden Joko Widodo berharap pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) tahap kedua segera dimulai pada awal 2019. Tahap kedua akan menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat menuju Kampung Bandan, Jakarta Utara.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden usai uji coba MRT koridor North-South fase pertama pada Selasa (6/11/2018). Fase pertama menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia dengan Lebak Bulus yang juga menjadi depo MRT.

“Kita harapkan nanti pada tahapan kedua, HI sampai ke Ancol. Tahun depan plus kita harapkan yang East-West,” ujar Jokowi seperti dikutip oleh CNBC Indonesia.

Baca juga: Kereta MRT Tiba, Jakarta Rasa Singapura Nih!

Presiden menyatakan kalau permintaan tersebut sudah disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Keduanya juga mendampingi Presiden dalam uji coba MRT.

Jokowi juga mengungkapkan kalau pembangunan tahap kedua koridor North-South dan koridor East-West harus mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

Tahap East-West akan menghubungkan Cikarang, Jawa Barat dengan Balaraja, Tangerang, Banten. Jaraknya mencapai 87 km. Saat ini, koridor ini masih dikaji dan ditargetkan beroperasi pada 2024 mendatang.

Baca juga:  12 Gerbong Kereta MRT Tiba di Lebak Bulus, Ga Sabar Pengen Naikin Nih!

Sementara fase kedua koridor North-South akan menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia dengan Kampung Bandan. Fase kedua ini mempunyai delapan stasiun, tujuh di antaranya berada di bawah tanah. Fase kedua ini memiliki panjang 7,8 kilometer.

Awalnya, pembangunan fase kedua ini akan dimulai pada 2020 dan diselesaikan pada 2025 mendatang. Namun, Presiden berharap konstruksinya bisa dimulai pada tahun depan.

Kantor berita Jepang NHK sempat melansir kalau biaya pembangunan fase kedua ini akan mendapatkan pinjaman dari pemerintah Jepang sebesar USD 600 juta (Rp8,7 triliun).

Baca juga: Melongok Stasiun MRT Dukuh-Atas di Kedalaman 24 Meter

Bagikan: 312 kali