jalur sepeda di jakarta- rumah123.com Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Memperbanyak Jumlah Jalur Sepeda di Jakarta. Saatnya untuk Sering Mengayuh Sepeda Saat Akhir Pekan Atau Berangkat Ke Kantor Menggunakan Sepeda (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memperbanyak akses pengendara sepeda di sejumlah ruas jalan raya di Jakarta. Yuk, mulai rajin naik sepeda.

Bagi kamu yang suka naik sepeda atau mungkin malah bike to work alias pergi ke kantor dengan naik sepeda, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta berencana memperbanyak akses pengendara sepeda di beberapa ruas jalan raya di Jakarta.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta pun sudah menambah jalur khusus baik dalam wujud koridor khusus atau pun di sejumlah area trotoar dan kawasan pejalan kaki. Kebetulan, sejumlah trotoar dalam tahap revitalisasi.

Baca juga: Sepeda Lipat Listrik Ini Bisa Dipasang dalam Waktu 10 Detik Doang

Revitalisasi sejumlah trotoar terus dilakukan. Nantinya, para pejalan kaki dan pengendara sepeda akan mendapatkan prioritas.

“Bulan September ini, saya akan uji cobakan satu koridor untuk jalur sepeda di Jakarta. Sehingga nanti kita bisa luncurkan program Jakarta ramah bersepeda,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo seperti dilansir oleh media online Republika.co.id.

Syafrin memaparkan jalur sepeda bakal memperoleh akses khusus di sembilan terminal di Jakarta. Saat ini, ada akses ke sembilan terminal di Jakarta berupa jalur sepeda. Beberapa stasiun ini adalah Kampung Rambutan, Kalideres, Grogol, Manggarai, Ragunan, dan Pinang Ranti.

Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda Dapatkan Prioritas

Nantinya di masa mendatang, jalur sepeda akan diperbanyak. Tidak hanya itu, jalur sepeda ini berbarengan dengan jalur pejalan kaki.

Syafrin menyatakan warga yang memakai akses pejalan kaki dan juga rute pengendara sepeda mendapatkan prioritas di jalan raya dibandingkan dengan mereka yang memakai kendaraan pribadi.

Situs berita online Beritasatu.com pernah melansir pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan memperbanyak jalur sepeda. Para pengendara sepeda akan mendapatkan prioritas.

Baca juga: Migo Tuh Sebenarnya Apaan Sih, Sepeda Listrik Atau Sepeda Motor Listrik

Hal ini diungkapkan oleh Anies ketika mengikuti Jakarta Night Ride pada akhir Agustus 2019. Anies bersama sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta naik sepeda dari Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat menuju Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur. Acara ini diikuti oleh 1.500 pengendara sepeda.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini melihat pentingnya penggunaan sepeda dalam mengurangi polusi di ibu kota. Dalam beberapa pekan, pemberitaan mengenai polusi udara menghiasi sederetan media.

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi polusi udara. Salah satunya dengan memperluas penerapan sistem pembatasan kendaraan ganjil genap mulai Senin, 9 September 2019.

Revitalisasi Trotoar dan Jalur Pengendara Sepeda

Kepala Dinas Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan bahwa pihaknya sedang mempercepat revitalisasi 31 kawasan trotoar dan pejalan kaki di DKI Jakarta. Hal ini dilaksanakan guna mempercepat peralihan moda transportasi massal.

Masyarakat bisa nyaman saat berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Mereka bisa berjalan kaki dengan nyaman saat beralih ke transportasi massal.

Kawasan trotoar dan pejalan kaki ini diperlebar dengan mengikuti ketentuan standar berupa ruang bebas minimal selebar 1, 5 meter. Desain trotoar disesuaikan dengan karakteristirk kawasan.

Baca juga: Bermimpi Indonesia Punya Jalur Sepeda Seperti Ini

Trotoar ini akan dilengkapi dengan fasilitas bagi penyandang disabilitas dengan ubin pemandu dan jalur landau. Selain itu, ada ruang tanam yang memiliki tumbuhan dengan daya serap karbon tinggi.

Fungsi dari tanaman ini bisa mengurangi polusi di kawasan sekitar dan juga memperindah atau mempercantik estetika lanskap.

Bagikan: 228 kali