Saat Jalan Tol Jakarta-Surabaya Bisa Dioperasikan, Jarak Tempuhnya Hanya 10-12 Jam (Foto: Rumah123/Sriwijayapost.com)

Kabar gembira buat kamu yang bakal berlibur akhir tahun atau mudik Natal pada 2018 ini. Jalan tol Trans-Jawa ditargetkan bisa beroperasi sebelum pekan kedua Desember 2018. Jarak tempuh Jakarta-Surabay bisa ditempuh menjadi 12 jam.

Tol Trans-Jawa memang diproyeksikan segera beroperasi. Dari panjang keseluruhan 870 kilometer, 640 kilometer sudah beroperasi saat ini.

Sampai sekarang, masih ada lima ruas tol sepanjang 230 kilometer yang belum beroperasi. Lima ruas tol tersebut ditargetkan akan beroperasi sebelum pekan kedua Desember 2018.

Baca juga: Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang Akhirnya Resmi Beroperasi

Lima ruas tol ini adalah tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer, tol Pemalang-Batang sepanjang 33 kilometer, tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, tol Salatiga-Solo sepanjang 32 kilometer, dan tol Wilangan-Kertosono sepanjang 39 kilometer.

Adanya tol Trans Jawa ini akan mengurangi waktu tempuh perjalanan secara signifikan. Sekarang kalau menggunakan jalan nasional, waktu tempuh perjalanan bisa mencapai 20 jam.

“Idealnya Jakarta-Surabaya 10-12 jam. Dari Jakarta-Surabaya sekitar 800 km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam mungkin hanya 8 jam,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo Akan Segera Resmikan Tol Pejagan-Pemalang

Tentunya ini hanya kalkulasi saja. Para pengguna jalan yang membawa mobil mesti memperkirakan kemampuan dalam mengendarai kendaraan. Mereka harus beristirahat di rest area. “Jadi ya bisa 10-12 jam-lah paling lama. Kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar aman,” lanjutnya.

Buat kamu yang mau pulang kampung saat Natal atau ingin berlibur ke Surabaya, kayaknya waktu tempuh kamu bakal berkurang banyak. Tetapi jangan sampai insiden Brexit terulang lagi ya.

Bagikan: 840 kali