dana taperum

BP Tapera akan mempercepat proses pencairan dana taperum PNS dan juga ahli waris, simak syarat pencairannya seperti apa dalam artikel ini.

Kabar baik ini datang dari Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera, salah satu badan yang dibentuk pemerintah.

BP Tapera sedang mempercepat proses pencairan dana tabungan perumahan (Taperum) PNS pensiun dan ahli waris untuk tahap ketiga.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, BP Tapera telah mengalokasikan dana tersebut di bank pemerintah BRI sekitar Rp1 triliun.

"Kami menjamin bahwa dana tersebut dikelola dengan aman dan menempatkannya dalam bentuk giro serta deposito," ujar Komisioner BP Tapera, Adi Setianto.

Dana Taperum yang akan cair tersebut difokuskan untuk PNS dengan masa pensiun hingga Desember 2020, yang belum diakomodasi pada tahap pertama dan kedua kuartal I-2021.

Menurut aturan, dana Taperum dicairkan paling lama 3 tahun, terhitung sejak BP Tapera menerima pengalihan dana dari tim likuidasi.

Hal ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 122 tahun 2020 tentang Tata Cara Pengalihan dan Pengembalian Dana Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil.

Tercatat hingga Maret 2021, BP Tapera telah mencairkan dana sejumlah Rp1,58 triliun kepada 383.509 PNS pensiun dan ahli waris.

Adapun jumlah penerima tersebut hampir mencapai 50%, dari seluruh target penerima dana Taperum.

Syarat Pencairan Dana Taperum PNS dan Ahli Waris

Untuk dapat mencairkan dana Taperum tahap ketiga, perlu membawa sejumlah syarat ke kantor cabang BRI terdekat.

1. Bawalah fotokopi surat keterangan (SK) Pensiun/KARIP, KTP, dan fotokopi halaman depan buku tabungan.

2. Khusus ahli waris, diwajibkan menyertakan surat keterangan ahli waris.

3. PNS pensiun maupun ahli waris wajib mengisi dan membawa surat pernyataan, yang dapat diunduh pada situs tapera.go.id.

4. Setelah dokumen diverifikasi oleh BRI, proses pencairan dana Taperum akan ditransfer ke rekening masing-masing penerima.

Demikianlah syarat untuk mencairkan dana Taperum pensiunan PNS dan ahli waris, tentunya memang mudah bukan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Urban Signature.

Bagikan:
454 kali