rumah bebas ppn

Buat kamu yang ingin membeli rumah, sudah tahu kalau rumah bebas PPN diperpanjang sampai akhir 2021. Cek persyaratan untuk mendapatkannya.

Hingga akhir tahun 2021, masyarakat bisa beli rumah bebas PPN alias gratis pajak pertambahan nilai. Wah, kabar gembira nih!

Pemerintah memperpanjang aturan bebas PPN untuk pembelian rumah tapak dan unit rumah susun (rusun) hingga Desember tahun ini.

Melalui kebijakan rumah bebas PPN diperpanjang, kamu bisa beli hunian impian tanpa dikenakan pajak pertambahan nilai.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 103/PMK.010/2021.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, ketentuan PMK PPN itu berlaku untuk harga properti maksimal Rp2 miliar.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Neilmaldrin Noor mengatakan subsidi PPN rumah berlaku dengan syarat tertentu.

Apa saja syarat untuk mendapatkan subsidi PPN rumah 2021? Yuk cek penjelasannya di bawah ini

Syarat untuk Mendapatkan Insentif Rumah Bebas PPN

rumah bebas ppn

Sejumlah ketentuan ditetapkan oleh pemerintah untuk kamu yang ingin mendapatkan insentif rumah bebas PPN.

Berikut ini 5 syarat agar bisa mendapatkan subsidi pajak pertambahan nilai saat beli rumah:

1. Baik hunian tapak atau rusun, sudah memiliki kode identitas rumah.

2. Pembelian rumah bebas pajak pertambahan nilai diberikan maksimal untuk satu unit properti milik satu orang.

3. Penerima insentif rumah bebas PPN tidak boleh menjual kembali properti tersebut, hingga kurun waktu satu tahun ke depan.

4. Berita acara serah terima rumah tapak atau unit hunian rusun harus didaftarkan melalui sistem aplikasi Sikumbang milik Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

5. Pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan rumah atau rusun, harus membuat faktur pajak dan melaporkan realisasi PPN ditanggung pemerintah ke DJP.

Bila syarat telah terpenuhi, maka kamu bisa mendapatkan bebas pajak 100% untuk pembelian rumah paling tinggi seharga Rp2 miliar.

Dengan aturan bebas PPN properti ini, hunian seharga di atas Rp2 miliar hingga Rp5 miliar akan mendapatkan diskon tarif pajak 50%.

Demikianlah kabar terbaru dari insentif rumah bebas PPN yang ditanggung oleh pemerintah, saatnya kamu beli rumah atau apartemen.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Suncity Residence.

Bagikan:
236 kali