Suasana sebuah stasiun KRL. Foto: Ruumah123/Jhony Hutapea

Kereta Rel Listrik (KRL) rute Cikarang-Jakarta Kota resmi beroperasi pada Sabtu ini (7/10/2017). Pengoperasian dilaksanakan begitu ada kesiapan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan hal ini setelah beberapa kali sempat tertunda peresmian pengoperasiaannya.

Selain peresmian operasional KRL Cikarang-Jakarta Kota, pihak Kemenhub juga menyiapkan angkutan umum untuk memudahkan penumpang dari kantong-kantong permukiman ke stasiun.

Baca juga: Ke Cikarang KRL Terus Melaju, Harga Tanah di Sekitarnya pun Kian Merangkak

"Kami siapkan feeder, kami koordinasi dengan operator angkutan umum dari permukiman ke stasiun untuk disiapkan. Kami enggak hanya bicara keretanya, tapi juga bicara moda darat ke stasiun kereta apinya," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub, Bambang Prihartono, seperti dikutip detikfinance, Kamis (5/10/2017). Seperti diketahui, KRL hingga Stasiun Cikarang ini sebelumnya ditargetkan beroperasi pada September lalu, namun kemudian ditunda lantaran belum ada kesiapan infrastrukturnya.

Baca juga: Ini Dia! Rumah Murah Rp100 Jutaan di Cikarang

Waktu tempuh Stasiun Jakarta Kota-Cikarang hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit. Stasiun yang akan dilewatinya antara lain Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gondangdia, Cikini, dan Manggarai. Dari Manggarai berlanjut ke Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, Bekasi, Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung, sebelum tujuan akhir yakni Stasiun Cikarang.
Bagikan:
2089 kali