Stadion Gelora Bung Karno Akan Menjadi Tempat Pembukaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (Rumah123/Katadata)

Asyik, pesta olah raga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara, Asian Games 2018 akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Gelora Bung Karno pada hari ini, Minggu (18/08/2018).

Asian Games 2018 diselenggarakan di dua kota, Jakarta dan Palembang mulai dari 18 Agustus hingga 2 September. Untuk pertama kalinya, Asian Games dilangsungkan di dua kota.

Baca juga: Wajib Tau! Ada Jalur Khusus Kendaraan Asian Games

Sejumlah penyelenggaraan pesta olah raga malah sudah pernah digelar di dua kota seperti Piala Dunia dan Piala Eropa, keduanya untuk cabang sepak bola.

Indonesia kembali menjadi tuan rumah setelah 1962. Sebenarnya, selain Jakarta dan Palembang, sejumlah pertandingan juga bakal digelar di Bandung dan Banten.

Baca juga:  Warna-Warni di Simpang Tugu Proklamasi Jakarta Sambut Asian Games 2018

Ada 45 negara Asia yang akan ikut berpartisipasi. Ada lebih dari 11 ribu atlet yang turun berlaga dalam 40 cabang olah raga yang akan terbagi dalam 465 nomor.

Gelora Bung Karno tidak hanya menjadi tempat pembukaan, namun juga menjadi lokasi pesta penutupan. Meski sebelumnya, penutupan akan dilakukan di Palembang.

Baca juga:  Mengalirkan Energi Asian Games 2018 ke Rumah

Selain itu, stadion ini akan dipakai untuk pertandingan atletik. Sayangnya, juara dunia Lalu Muhammad Zohri belum dipastikan akan bertanding.

Pembangunan stadion megah ini dimulai pembangunannya pada 1960. Gelora Bung Karno digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 1962.

Baca juga:  Ratusan Mural Percantik Kolong Tol Rawamangun Sambut Tamu Asian Games 2018

Kapasitas stadion ini pernah tercatat 110.000 ribu penonton. Namun, setelah beberapa kali renovasi, kapasitas stadion ini berkurang menjadi 76.000 penonton saja. Kapasitas Gelora Bunga Karno tergolong salah satu stadion besar di Asia dan juga dunia.

Area ini sebenarnya merupakan kompleks olah raga. Ada sejumlah arena pertandingan seperti bulu tangkis, renang, tenis, dan lainnya.

Bagikan: 563 kali