Wallahualam Bissawab Artinya

Wallahualam Bissawab artinya memiliki makna tersendiri yang perlu kamu ketahui. Simak pembahasannya dan kapan waktu pengucapannya di sini!

Ada berbagai istilah penting bagi umat Islam, terlebih bulan Ramadan akan menyambut hadir dalam hitungan waktu saja.

Keajaiban tuhan selalu menghampiri orang-orang baik, tak mengenal waktu pastinya Allah akan mendengar dan melihat doa umat manusia.

Salah satu kata yang kerap terucap dalam menjalani aktivitas sehari-hari adalah Wallahualam Bissawab artinya untuk memberikan pertanda alam.

Untuk diketahui, kata dan makna tersebut kerap terucap oleh banyak orang dan menjadi salah satu kebiasaan yang muncul sehari-hari.

Seperti apa makna dan arti Wallahualam Bissawab yang banyak diucapkan oleh umat Islam? Mari kita simak bersama-sama!

Wallahualam Bissawab Artinya Secara Harfiah 

Kalimat Wallahualam Bissawab artinya secara garis besar adalah hanya Allah yang mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Arti dari kalimat tersebut sesungguhnya memiliki makna yang sangat mendalam untuk diketahui banyak orang.

Wallahualam Bissawab artinya sebuah kesadaran bahwa penjelasan yang diberikan manusia hanya upaya mendekati kebenaran karena Allah maha tahu segalanya.

Maka dari itu, setiap perkataan atau penjelasan manusia disampaikan dengan kerendahan hati karena Allah SWT memiliki kebenaran sejati.

Sebab, boleh yang dijelaskan oleh manusia sampaikan tidak sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Wallahualam Bissawab Artinya dalam Al-Qur’an 

Untuk memperkuat dalil, Wallahualam Bissawab memiliki dasar yang kuat dalam Al-Qur’an melalui surat Al-Hujurat ayat 16 yang artinya : 

"Katakanlah kepada mereka, apakah kamu akan memberitahukan kepada Allah akan agamamu (keyakinanmu), padahal Allah mengetahui apa yang ada di langit dan ada di bumi dan Allah mengetahui segala sesuatu.”

Kapan Mengucapkan Wallahualam Bissawab?  

umat-muslim-yang-mengamalkan-doa-buka-puasa

Dalam praktiknya, ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui saat mengucapkan Wallahualam Bissawab artinya, dengan langkah berikut ini : 

1. Ketika Ragu dengan Kalimat yang Disampaikan 

Cara pertama untuk mengucapkan arti Wallahualam Bissawab ketika ditanya seseorang tapi memiliki jawaban meragukan. Berdasarkan dalil pesan sahabat Nabi Abdullah bin Mas’ud.

“Wahai manusia, barangsiapa yang ditanya tentang suatu permasalahan ilmu kepadanya dan ia mengetahuinya maka ia hendak menjawabnya. 

Dan barangsiapa yang ditanya tentang suatu permasalahan ilmu kepadanya dan ia tidak mengetahui jawabannya dengan tepat, maka ia mengatakan Wallahualam karena sesungguhnya sebagian ilmu adalah engkau mengatakan Wallahualam terhadap ilmu yang belum kamu ketahui. 

(Imam Ahmad bin Hanbal, Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, Kairo : Muassasah Ar-Risalah, 2007, vol.7 hal.180).

2. Untuk Menutup Fatwa 

Wallahualam Bissawab artinya juga merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk menutup fatwa. 

Menurut Syekh Ali Jum’ah, ini merupakan tanda pengakuan para ulama bahwa mereka bersumber dari ilmu yang didapat dari Allah SWT.

“Dan ketika ulama ahli fatwa selesai memberikan fatwa dalam suatu permasalahan hendaknya ia menulis kalimat Wallahualam dan sesamanya.

Dikatakan juga bahwa hendaknya setelah menjelaskan pendapat dari ulama Aswaja untuk menulis kalimat Wallahul Muwafiq dan sejenisnya.” 

(Syekh Mula Ali bin Sulthan Al-Qari, Kitab Syam al-Awaidh fi Dzamm ar-Rawafidh.)

3. Penutup Penjelasan dalam Pengajian Kitab Ulama 

Para ulama juga mengucapkan kalimat Wallahualam Bissawab artinya juga sebagai kalimat penutup dalam beberapa penjelasan kitab-kitab tertulis, terlebih saat mengakhiri pengajian.

Menurut Sulaiman bin Muhammad al-Bujairami merupakan bentuk kerendahan hati supaya memasrahkan diri kepada Allah SWT.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenal arti Wallahualam Bissawab yang harus disadari untuk orang-orang berilmu.

Meski menyadari kemampuan pengetahuan manusia terbatas, bukan berarti umat Islam boleh bermalas-malasan dalam menuntut ilmu karena Allah SWT akan meninggikan derajat untuk orang berilmu.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Wallahualam Bissawab artinya dan kapan waktu yang tepat melafalkannya.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa tilik hunian seperti Summarecon Mutiara Makassar, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 

Bagikan:
969 kali