Arti Jazakallah Khairan dan Maknanya

Simak arti jazakallah khairan secara lengkap berdasarkan makna dan dalil hingga cara menjawabnya. Cari tahu selengkapnya di sini!

Dalam proses pengajian maupun mempelajari Agama Islam, kamu pasti akan sangat familiar kalimat jazakallah khairan.

Pasalnya, kata-kata ini kerap ditemukan dalam berbagai pertemuan bernafaskan Islam sebagai salah satu penyampaian penuh makna kebaikan.

Usut punya usut, ternyata arti jazakallah khairan merupakan salah satu ungkapan terima kasih terhadap sesama umat Muslim.

Lantas, apa saja makna arti jazakallah khairan beserta dalil hingga cara mengucap hingga menjawabnya sehari-hari? Simak pembahasannya bersama-sama!

Arti Jazakallah Khairan Secara Harfiah 

Berdasarkan bahasa, arti jazakallah khairan terdiri dari dua kata yakni jazallah dan khair. 

Jazakallah dalam istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Artinya berdasarkan bahasa adalah “Semoga Allah membalasmu”.

Sementara, khair atau khairan berarti kebaikan. Jadi, arti jazakallah khairan adalah “Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Jazakallah khairan merupakan ungkapan terima kasih kepada orang yang berbuat baik termasuk bentuk syukur kepada Allah SWT.

Selain berterima kasih, dalam kalimat ini terselip doa yang sangat baik.

Pengucapan kalimat arti jazakallah khairan berbeda peruntukannya sesuai dengan orang yang dituju.

Jika tujuannya berbicara dengan laki-laki, maka pengucapannya Jazakallah Khairan, sementara untuk perempuan adalah Jazakillah Khairan, dan jika banyak orang adalah jazakumullah Khairan.

Pengucapan jazakallah khairan dilakukan saat seseorang memperoleh nikmat atau bantuan dari orang lain. 

Tak hanya mengungkapkan rasa terima kasih, arti jazakallah khairan juga menjadi doa bagi orang yang menerimanya.

Arti jazakallah khairan bahkan bisa juga diberikan pada orang yang ingin membenci, mencela dan menghina, dengan cara menghadapinya melalui kebaikan.

Jazakallah Khairan biasanya diucapkan setelah seseorang mendapat ucapan tabarakallah yang artinya “Semoga Allah memberkahimu”.

Arti Tabarakallah memiliki makna kekaguman yang ditunjukkan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT mulai manusia, hewan, tumbuhan dan lain-lain. 

Dalil Arti Jazakallah Khairan Menurut Alquran dan Hadis 

mengenal tanda baca alquran

Anjuran untuk mengucapkan arti jazakallah khairan dan doanya diungkapkan dalam Alquran dan hadis. Ungkapan rasa syukur telah dijelaskan dalam QS Ibrahim ayat 7 dengan arti berikut: 

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan kalian memberitahukan, “Sesungguhnya jika kalian bersyukur pasti kamu akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda tentang arti jazakallah khairan: 

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud). 

Dari Thalhah bin “Ubaidillah RA”, Rasulullah SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang telah mendapatkan kenikmatan dari seseorang, maka sebutlah (pelaku kebaikan karena kebaikannya). Siapa saja yang menyebutnya, berarti dia telah berterima kasih padanya. 

Dan barangsiapa yang menyembunyikan kebaikannya, maka berarti dia telah mengkufurinya (tidak berterima kasih kepadanya).” (HR. Ath-Thabrani dan dinilai hasan oleh Al-Albani).

Dari Usamah bin Zaid RA, Nabi Muhammad SAW bersabda menceritakan tentang kenikmatan makna jazakallah khairan: 

“Barangsiapa yang telah mendapatkan kebaikan dari seseorang, lalu berkata kepada kebaikan tersebut, “Jazakallahu Khairan”, berarti ia telah sampai pada derajat memujinya (telah berterima kasih kepadanya dengan memujinya).” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban dinilai shahih oleh Al-Albani).

Cara Menjawab Arti Jazakallah Khairan 

Apabila kamu mendapatkan ucapan jazakallah khairan, penting untuk membalasnya dengan ungkapan yang baik pula. 

Pasalnya, arti tersebut adalah “Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Untuk itu, kamu bisa membalas atau menjawabnya dengan kalimat wajazakallahu khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Selain itu, kamu bisa menjawab dengan kalimat Wa iyyaka (untuk laki-laki) yang artinya dan kebaikan untukmu juga” atau waiyyakum untuk perempuan. 

Tak hanya dijawab saja, kamu juga bisa mengaminkan arti jazakallah khairan karena merupakan salah satu doa.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai makna jazakallah khairan sebagai pesan dan doai penuh makna.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
312 kali