Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Simak arti Hasbunallah Wanikmal Wakil sebagai salah satu jenis kalimat dzikir yang dianjurkan untuk diucap saat beribadah. Cari tahu pemahamannya di sini!

Dalam proses ibadah, kalimat zikir menjadi salah satu rangkaian yang dianjurkan untuk diucapkan karena memiliki makna untuk memperoleh rasa berserah diri kepada Allah.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan salah satu kalimat dzikir yang banyak diucapkan dan dilafalkan untuk memperoleh rasa syukur penuh kebaikan.

Hal ini sangat dianjurkan, mengingat memiliki makna yang mendalam untuk memperoleh kebaikan sesama. 

Pasalnya kalimat zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil akan memberi rasa tenang untuk menyerahkan segalanya, dan seluruh masalah kepada Allah SWT.

Mereka yang berzikir terus menerus dengan bacaan ini percaya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya wakil.

Allah adalah tempat bergantung dan memohon pertolongan maupun perlindungan dari hal-hal buruk.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil 

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula wanikman Nasir merupakan bacaan zikir yang dianjurkan untuk dipanjatkan oleh umat Islam.

Pasalnya, kalimat ini dimaknai sebagai pengingat sekaligus anjuran untuk berserah diri kepada Allah.

Menurut Ibnul Jauzi dalam buku Zaadul Maasiir mengatakan, maksud “hasbunallah” adalah Allah yang mencukupi segala urusan.

Sedangkan makna “al wakiil” adalah yang bertanggung jawab memberi rezeki dan berbagai maslahat bagi hamba.

Dengan demikian, arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir adalah “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami”.

Mengutip dari buku Misteri Zikir Hasbunallah Wa Ni’Mal Wakil karangan Muhammad Khatib, arti yang terkandung dalam lafaz tersebut menyiratkan kebenaran tentang ke-Esaan Allah sebagai satu-satunya zat. Tuhan yang layak kita untuk berserah diri dari segala urusan, meminta setiap pertolongan, dan memohon setiap perlindungan.

Dalil Kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil 

Ada beberapa dalil mengenai arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir merupakan gabungan dari kalimat zikir yang tertulis di dua ayat erbeda dalam Al-Qur’an 

1. Menurut Surat Ali Imran Ayat 173 

اَلَّذِیۡنَ قَالَ لَہُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدۡ جَمَعُوۡا لَکُمۡ فَاخۡشَوۡہُمۡ فَزَادَہُمۡ اِیۡمَانًا ٭ۖ وَّ قَالُوۡا حَسۡبُنَا اللّٰہُ وَ نِعۡمَ الۡوَکِیۡلُ

Artinya : (Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang yang mengatakan kepadanya, “orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu,

Karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

2. Menurut Surat Al Anfal Ayat 40 

وَ اِنۡ تَوَلَّوۡا فَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّ اللّٰہَ مَوۡلٰىکُمۡ ؕ نِعۡمَ الۡمَوۡلٰی وَ نِعۡمَ النَّصِیۡرُ

Artinya : Dan jika mereka berpaling, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

3. Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Menurut Hadis Abi Sa’id Al-Khudri 

“Bagaimana saya bisa bernikmat-nikmat sementara malaikat peniup sangkakala telah menempelkan mulutnya di trompet, dan telah menundukkan dahinya, menunggu diperintah untuk meniup?”

Kaum muslimin berkata, “Bagaimana kita berucap wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda : “Katakanlah : Hasbunallah Wanikmal Wakil, Alallah Tawakkalna Rabbana.”

Allah cukup bagi kami dan Dia sebaik-baiknya Zat yang mengurusi, kami bertawakkal kepada Allah wahai Rabb kami. 

(HR. Ahmad dalam musnad No.10515, Turmudzi No.3166). 

Kisah Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Menurut Nabi Muhammad SAW 

mukjizat nabi musa mengubah tongkat jadi ular Sumber: Sindonews.com

Mengutip dari buku Ampuhnya Kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil oleh Ahmad Fathoni El-Kaysi, surat Ali Imran ayat 173 diturunkan saat perang Badar yang telah dibuat perjanjian antara Rasulullah SAW dan Abu Sufyan.

Di akhir Perang Uhurd, Abu Sufyan berseru 

“Ada perjanjian antara kami dan kalian di Badar tahun lalu”. Rasulullah mengatakan kepada Umar bin Khattab “Katakan padanya, ya, InsyaAllah”.

Ketika waktu perjanjian tiba, tepat di bulan Dzulqa’dah tahun keempat Hijriah, Abu Sufyan malah takut menghadapi Rasulullah. 

Ia pun membuat trik politik untuk menggetarkan keberanian kaum Muslimin.

Ia menugaskan seorang pedagang bernama Nu’aim untuk berdagang ke Madinah sambil menyebarkan berita bohong bahwa Abu Sufyan telah menghimpun tentara yang kekuatannya lebih besar dari pasukan Muslim.

Trik ini berhasil membuat orang Yahudi yang keimanannya lemah menjadi takut berjihad di jalan Allah, kemudian berita tersebut sampai ke telinga Rasulullah dan pasukan Muslimin namun tak pengaruh sama sekali.

Keberanian Rasulullah menginspirasi orang lain untuk mengikuti jihad sesuai ucapan arti Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Jauh sebelum perang, Rasulullah memang telah menempa kekuatan fisik dan batin tentara Muslim kemudian beliau bersabda 

“Jika terjadi masalah besar, ucapkanlah Hasbunallah Wanikmal Wakil (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.”

Nyatanya sebelum pertempuran pecah, Abu Sufyan dan tentaranya pun mundur dan kembali ke Mekkah dan memperoleh kemenangan tanpa perang yang berarti.

Keutamaan Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil 

berdoa

Ada beberapa keutamaan membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil sebagai kalimat zikir antara lain : 

1. Menjadi Muslim Sejati 

Apabila kamu meresapi arti Hasbunallah Wanikmal Wakil, maka kamu tak ragu mengambil jalan yang benar dan melewati segala rintangan, bahkan tak takut selain Allah SWT.

Muslim sejati tidak takut dihina dan mampu meredam amarah ketika ia terhina. Sebab ia yakin Allah akan melindunginya dari keburukan.

2. Tidak Mudah Putus Asa 

Dengan zikir dan membaca Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil, maka kita yakin ada Zat yang Maha Mencukupi.

Karena sebaik-baik penolong dan sandaran yang mau melindungi hamba-Nya, yakni Allah SWT. Sehingga manusia senantiasa mampu bangkit dari keterpurukan karena Allah selalu bersamanya.

3. Dilindungi dari Kejahatan 

Allah tidak pernah membiarkan hambanya kesulitan.

Setiap cobaan dan ujian yang diberikan tidak berada di luar kemampuan umat-Nya. Ini bukti bahwa Allah SWT akan selalu melindungi hamba yang berzikir untuk mengingat-Nya.

4. Menenteramkan Hati 

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil memberikan ketenteraman hati, mengingat terselip sikap tawakal atau berserah diri.

Karena salah satu sifat Allah adalah tempat bersandar yang sebaik-baiknya, sehingga memberikan ketenangan.

5. Menjadi Dermawan 

Orang yang menanamkan arti Hasbunallah Wanikmal Wakil dalam jiwanya memahami semua nikmat berasal dari Allah Yang Maha Mencukupi.

Harta yang ada di tangannya bukanlah miliknya sendiri, melainkan milik Allah SWT sehingga apabila ingin memberikan sebagian harta, maka tidak perlu ragu dan tidak takut miskin karenanya. 

6. Bertawakal 

Karena semua terjadi atas kehendak Allah. Jika keyakinan ini telah tertanam maka manusia akan senantiasa untuk bertawakal.

Ia menyadari bahwa semua nikmat yang diraih adalah milik Allah, maka bila itu semua diambil sang Pemiliknya, ia tidak akan gundah.

7. Allah Membuatnya Kaya Akan Anugerahnya 

Allah akan memberikan kekayaan lahir batin untuk manusia yang memaknai arti Hasbunallah Wanikmal wakil sebanyak-banyaknya.

Bacaan tersebut dapat menguatkan keyakinan hati kepada Allah, sehingga Allah akan memberikan kekayaan setimpal padanya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang arti Hasbunallah Wanikmal Wakil sebagai zikir penuh makna bagi umat Islam. 

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
685 kali