Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Asisten rumah tangga mudik? Wah, ini pasti masalah besar buat mereka yang mengandalkan jasa asisten rumah tangga alias ART.

Kehilangan ART meski hanya beberapa hari tentu menyulitkan bagi ibu yang bekerja. Namun, lain halnya dengan yang dialami oleh Nina Laila (41 tahun).

Baca juga: Desainer Interior Ini Dapatkan Ide dari Bertualang ke Alam Liar, Mau Ikut?

Dia dan suami memang tidak mudik karena sama-sama tidak memiliki kampung halaman alias orang Betawi asli. Meski tidak mudik, keluarga ini punya masalah klasik yaitu asisten rumah tangga yang pulang.

“Hehehe, alhamdulillah yang bantuin itu orang deket rumah. Tapi nggak tau deh ya dia mudik apa nggak. Saya belum nanya juga, mudahan-mudahan sih nggak,” ujarnya kepada Rumah123.

Baca juga: Stephen Curry Ga Hanya Hebat Main Basket Tetapi Juga Jago Up Grade Properti

Dia menyatakan meski mungkin ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga, namun dia tidak perlu pusing karena anak-anak dan suaminya pasti membantu pekerjaan rumah.

“Alhamdulillah, anak-anak sama suami mau bantu. Suami juga pintar masak. Anak-anak sudah bisa nyapu, ngepel. Nyuci pake mesin cuci, kalo males ya laundry kiloan aja,” katanya. “Kalau saya ngapain? Saya mah nonton tivi aja, hahahaha.”

Baca juga: Miliarder Wanita Termuda Ini Raup Keuntungan Rp18 Miliar dari Jual Apartemen

Dia melanjutkan untuk membuat kedua anak laki-lakinya yang sudah beranjak remaja untuk mau ikut melakukan pekerjaan rumah memang dibutuhkan pengertian. “Anak-anak harus dikasih pengertian kalau kita harus bekerja sama,” katanya lagi.

Anak-anak tidak merasa bete meski harus mencuci piring, menyapu, atau mengepel. Sesekali perempuan yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil ini mengajak anak-anak untuk jalan-jalan atau makan-makan di luar sebagai bentuk hadiah.

Bagikan:
996 kali