OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Arab Saudi Genjot Pariwisata dan Tempat Hiburan

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

Abraj Kudai Towers-arab Saudi-arabianindustry.com

Abraj Kudai Towers di Mekkah, Arab Saudi, punya 10.000 kamar. Foto: Rumah123/arabianindustry.com

Awal Ramadan ini, pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana pengembangan sarana hiburan, hotel, dan fasilitas pendukung lainnya demi memperkuat sektor pariwisata. Bisnis minyak saat ini tidak lagi menjadi penopang utama perekonomian negara tersebut.

Di Arab Saudi kini pariwisata dianggap sebagai industri kunci baru untuk menjadikan negara itu lebih independen dan tidak tergantung pada bisnis minyak yang melemah.

Seperti dilansir Kompas.com, Kepala Strategi dan Bisnis Pengembangan Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, menargetkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan menjadi 1,5 juta orang dalam waktu empat tahun ke depan. Pendapatan dari pariwisata diprediksi tumbuh 18 persen dalam 14 tahun ke depan.

Untuk mencapai hal tersebut, tawaran perjalanan jemaah ke Mekkah dan Madinah akan diperluas dan destinasi baru seperti Museum Islam yang besar akan dibangun. Menurut sebuah studi, 167 pekerjaan langsung dan tidak langsung akan diciptakan melalui investasi jutaan dollar AS dalam industri pariwisata.

Dengan demikian, dana investasi multi-miliar dollar AS sekarang secara khusus dikelola untuk pariwisata. Keseriusan Arab Saudi membangun pariwisata tampak pula pada pengembangan sejumlah proyek hotel besar.

Baca juga: Artotel Berikan Ruang pada Seni Kontemporer Indonesia

Di Riyadh saja saat ini terdapat 45 proyek hotel yang sedang dibangun dengan 10.200 kamar. Belum lagi di Mekkah dengan 23.500 kamar dari 20 proyek. Jeddah tengah membangun 37 proyek hotel mencakup 8.300 kamar.

Adapun proyek-proyek raksasa yang sedang dalam tahap konstruksi antara lain, Abraj Kudai Towers di Mekkah dengan 10.000 kamar, Holiday Inn Mekkah Abraaj Al Tayseer (tahap 2) dengan 3.512 kamar, dan Four Points by Sheraton Mekkah Al Naseem dengan 1.139 kamar.

Menyusul Hilton Riyadh Hotel & Residences sebanyak 864 kamar, dan Hilton Bab Mekkah Selatan, Jabal Omar, sebanyak 764 kamar.


Tag: , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA