OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa ya, Beda Rumah Klaster dan Town House?

13 Oktober 2023 · 1 min read Author: Andy David

Rumah klaster dan town house saat ini sedang laris-manis. Sayangnya karena konsepnya mirip, lantas banyak orang yang kesulitan membedakannya.

Nah, biar kamu gak bingung, ikuti penjelasan di bawah ini yah.

Baca juga: Gaya Victorian untuk Rumahmu

Sebenarnya, perbedaan paling menonjol antara rumah klaster dan town house terletak pada keterbatasan unitnya saja. Biasanya, pengembang hanya akan membangun 20-100 unit town house dalam satu perumahan.

Seluruh desain rumah di perumahan tersebut dibuat sama persis. Hal inilah yang melahirkan sebutan apartemen horisontal karena semua unitnya sama.

Sedangkan pada perumahan bertipe klaster, pengembang memiliki lahan yang cukup luas. Dalam satu komplek perumahan biasanya dibangun 100-300 unit rumah.

Selanjutnya, rumah-rumah ini dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan desain beragam. Rumah-rumah dalam satu kelompok memiliki desain yang sama.

Baca juga: IAI Harapkan RUU Arsitek Segara Disahkan

Dari segi fasilitas, rumah bertipe town house memiliki fasilitas yang bisa digunakan oleh seluruh penghuni perumahan. Sebaliknya, pada tipe klaster setiap rumah sudah disediakan fasilitasnya masing-masing.

Baca juga: Dekor Warna Monokrom yang Elegan

Perlu kamu ketahui, kedua tipe rumah tersebut tidak memengaruhi harga sama sekali. Faktor lokasilah yang paling banyak berperan menentukan tinggi-rendahnya harga. (Wit)


Tag: , , , , ,