Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Rumah123 merupakan salah satu media online berbayar khusus properti di Indonesia. Situs properti nomor satu di Indonesia ini merupakan bagian dari REA Group Australia.

Agen properti bisa mengunggah (up load) listing properti yang akan dijualnya dalam akun yang dia miliki. Listing property yang diunggahnya menjadi tanggung jawab agen properti.

Baca juga: Enaknya Jadi Agen Properti? Kalau Customer Jadi Repeat Buyer!

Dalam jual beli properti, dikenal istilah open listing dan exclusive listing. Sebenarnya apa sih perbedaan keduanya?

Dalam laman properti The Balance, dijelaskan mengenai definisi open listing yaitu open listing menjadikan pemilik rumah menjual rumahnya sendiri sebagai dijual oleh pemilik.

Baca juga: Mau Penghasilan Besar? Jadi Agen Properti Saja!

Ada kesepakatan tidak eksklusif. Artinya pemilik bisa memutuskan untuk membuat open listing dengan lebih dari satu agen properti dan hanya membayar satu agen properti yang bisa membawa pembeli dan kemudian menjual rumah dengan harga yang diinginkan oleh pemilik.

Pemilik rumah biasanya hanya membayar komisi penjualan rumah kepada agen properti yang berhasil menjual. Biasanya hanya separuh dari komisi biasanya.

Baca juga: Tips Agen Properti Ala Yani Lim: Pede, Fisik Kuat, dan Punya Aura

Alasannya karena pemilik tidak diwakili. Alhasil, pemilik rumah tidak perlu membayar agen properti yang mewakili pemilik, tetapi dia harus membayar agen properti yang mewakili pembeli.  Namun, jika pemilik hunian menemukan pembeli sendiri, maka dia tidak berutang komisi pada agen properti mana pun.

Lantas apa sih beda open listing dengan exclusive listing? Exclusive listing sebenarnya mirip dengan open listing kecuali perbedaan utamanya adalah agen properti akan mewakili penjual.

Baca juga: Kalau Ingin Jadi Agen Properti Harus Memiliki Mental yang Kuat Lho

Penjual masih mempertahankan hak untuk menjual properti itu sendiri dan tidak perlu membayar komisi kepada agen properti.

Agen properti bebas untuk bekerja sama dengan agen properti lainnya. Artinya agen properti lain bisa membawa pembeli potensial yang mau menerima tawaran penjual.

Baca juga: Agen Properti Ini Tidak Lupa untuk Berinvestasi Properti Lho

Biasanya, agen properti dibayar untuk komisi penjualan yang dibagi dengan agen yang menjual. Jadi penjual rumah membayar komisi kedua belah pihak, baik yang melakukan listing properti maupun yang menjual.

Nah, untuk kamu yang ingin menekuni profesi agen properti, kamu bisa memahami perbedaan antara open listing dan exclusive listing.

Baca juga: Dapat Penolakan dari Customer? Kembangkan Pengetahuan dan Komunikasi

Begitu juga buat kamu yang ingin memasarkan hunian kamu, kamu dapat memilih apakah ingin melakukan open listing atau exclusive listing.

Bagikan: 1601 kali