Keramaian Saat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (Foto: Rumah123/YouTube)

Hingar bingar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sudah berakhir. Tetapi, dampaknya masih akan terasa ke beragam sektor termasuk properti.

Jangan salah lho, penyelenggaraan pesta olah raga itu memiliki dampak lho. Head of Research Savills Indonesia, Anton Sitorus memaparkannya dalam Property Market Update beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dapat Bonus Rp2,5 Miliar, Bisa Langsung Jadi Juragan Properti

Pengaruh umum yang biasanya dirasakan adalah regenerasi kawasan urban, akomodasi atlet, perbaikan infrastruktur, kesadaran lingkungan, dan juga promosi turis.

Regenerasi kawasan urban terlihat dari dipercantiknya kawasan Gelora Bung Karno, Rawamangun, dan daerah lain yang menjadi arena pertandingan. Kehadiran wisma atlet di Jakarta dan Palembang, adanya LRT, hingga banyaknya turis yang berdatangan ingin menonton Asian Games.

Baca juga:  Jonatan Christie Berencana Pajang Komentar Para Haters di Rumah

Anton melanjutkan bahwa dampak pergelaran acara olah raga terhadap dunia properti memang ada. Dia mengambil contoh dari penyelenggaraan Olimpiade musim panas. Dia memaparkan empat dampak dari penyelenggaraan turnamen olah raga tingkat dunia.

Pertama, dampaknya memang signifikan dan bervariasi. Dampak ini memang tidak langsung dan baru dirasakan dalam jangka waktu panjang.

Baca juga:  Penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Bakal Keren Abis

Kedua, dampak lebih langsung, dampak jangka pendek. Hal ini biasanya terfokus pada sektor pariwisata dan perhotelan.

Ketiga, dampak ke industri properti, biasanya dampak ini menjadi konsekuensi dari keputusan berdasarkan motivasi lain seperti pencitraan dan promosi yang memiliki dampak tidak langsung kepada industri ini.

Baca juga:  Raih Medali Emas, Atlet Asian Games Asal Sumsel Dapat Bonus Rumah dari Gubernur

Keempat, dampak langsung kepada industri properti, buat daerah yang menyelenggarakan turnamen besar tergantung dari besarnya dan bagusnya pasar properti lokal. Dampak ini juga terasa terasa terhadap pasar yang kecil dan kurang bagus.

Dampak ini biasanya sih memang paling terasa pada industri perhotelan, penginapan, dan sejenisnya. Apalagi kalau pesta olah raga memang besar sekelas Olimpiade atau Piala Dunia sepak bola.

Baca juga:  Usai Asian Games 2018, Pasutri Ini Bakal Dapatkan Rp3 Miliar dan 2 Rumah

Okupansi hotel biasanya meningkat tajam. Orang yang tidak kebagian menginap di hotel, bisa memilih rumah sewa, hostel, dan lainnya.

Sementara stadion olah raga dan sarana pendukung biasanya menjadi destinasi wisata. Desain dan arsitektur yang unik akan menjadi incaran orang yang mencari lokasi Instagramable.

Bagikan: 799 kali