manfaat minyak kutus kutus Minyak Kutus Kutus yang Merupakan Minyak Herbal Memiliki Sejumlah Manfaat. Kamu Bisa Mengoleskan Atau Membalurkan Minyak Herbal Ini (Foto: Rumah123.com/Balihealingoil.com)

 

Minyak kutus kutus mulai dikenal sebagai salah satu minyak herbal untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat minyak kutus kutus, yuk cari tahu. 

Jika kamu mengalami pegal-pegal, nyeri, atau sakit apa pun, jangan heran kalau ada orang yang menyarankan untuk membalurkan atau mengoleskan minyak kutus kutus. 

Orang tua zaman dulu biasanya akan memberikan minyak angin cap kapak, jika boleh menyebut jenama. 

Maka generasi milenial mengenai minyak kutus kutus, produk minyak herbal yang diproduksi di Bali. 

Ada sejumlah manfaat minyak kutus kutus. Setelah mengetahui manfaatnya, kamu perlu memilikinya di rumah. 

Baca juga: Tips Sehat di Rumah: Makanan Penambah Berat Badan yang Enak dan Bergizi

Sejarah Minyak Kutus Kutus 

Kutus merupakan kata dalam bahasa Bali yang berarti delapan. Kutus kutus berarti delapan delapan. 

Angka delapan delapan ini memiliki bentuk yang tidak terputus. Pemilik produk minyak balur ini menganggap angka ini baik. 

Dalam filosofi China, angka 8 dianggap baik karena selalu berputar. Dia merasa hal itu baik, meskipun sang pemilik produk bukan keturunan Tionghoa. 

Produk minyak kutus kutus ini tidak terlepas dari sosok Servasius Bambang Pranoto. Pada 2011, dia mengalami kecelakaan saat melewati jalan tanah di Bali. 

Sejak 2002, Bambang memilih tinggal di Bali setelah pindah dari Jakarta. Dia sempat bekerja di Jakarta selama beberapa waktu. 

Pria ini lahir di Klaten, Jawa Tengah dan sempat mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Satya Wacana di Salatiga, Jawa Tengah. 

Setelah mengalami kecelakaan, Bambang sempat berobat ke tukang pijat, namun tidak juga sembuh. 

Dia juga sempat berobat ke dokter, tetapi dia tidak mendapatkan solusi untuk mengobati kakinya. 

Setelah itu, Bambang mulai merenung. Saat menyendiri, dia memperoleh inspirasi untuk membuat minyak. 

Bambang mulai mendapatkan bahan-bahan dan mulai mencocokkan dengan hasil penelitian tumbuhan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). 

Akhirnya, Bambang memutuskan membuat minyak kutus kutus. Dia hanya bermodalkan intuisi dalam pengalaman saat mempelajari penyembuhan tradisional dari alam. 

Dia menguji coba sendiri minyak ini. Hasilnya cukup bagus. Dia tidak lagi mengeluhkan sakit lagi di kakinya. 

Awalnya, dia cuma membagikan minyak ini kepada orang-orang terdekat. Seorang kawan yang merasakan manfaatnya memberikan ide kepada Bambang untuk menjual produknya. 

Bambang mulai memproduksi minyak ini dari dapur rumahnya secara tradisional. Lantaran hal ini juga dia mendapatkan teguran dari sejumlah instansi. 

Pada 2017, dia baru mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dia tidak menyangkal kalau produknya dijual tanpa izin sejak 2011. 

Produksi minyak kutus kutus lebih modern dibandingkan sebelumnya. Kemasan juga lebih baik. Bambang juga mulai memproduksi produk kesehatan lainnya. 

Minyak kutus kutus pun semakin dikenal. Jutaan botol laku terjual. Produk ini juga sudah merambah ke Eropa. 

Baca juga: Tips Sehat: Hadapi Suhu Panas, Ini Dia 6 Cara Menjaga Kondisi Tubuh

manfaat minyak kutus kutus Ilustrasi Orang Meminjat Kaki. Kamu Bisa Membalurkan Atau Mengoleskan Minyak Kutus Kutus Pada Bagian Tubuh yang Sakit (Foto: Rumah123.com/Freepik.com)

Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan 

Seperti dilansir dari laman resmi produsen yaitu Balihealingoil.com, minyak kutus kutus merupakan minyak herbal. 

Minyak herbal ini terbuat dari campuran beragam tanaman jamu yang kemudian diolah secara khusus. Pengolahan dilakukan secara tradisional. 

Produk minyak ini bisa membantu proses penyembuhan sejumlah penyakit dan diklaim aman untuk dipakai sehari-hari. 

Berikut ini adalah sejumlah manfaat minyak kutus kutus. Jika kamu memiliki keluhan yang sama, kamu bisa mengoleskannya. 

1. Mampu mengaktifkan energi tubuh atau chi. Energi tubuh ini menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. 

Energi chi adalah energi inti kehidupan. Energi ini mengalir pada jalur meridian tubuh manusia. Energi ini membuat manusia hidup dan semua organ berfungsi dengan baik. 

Jika ada gangguan terhadap energi tubuh atau chi ini, maka ada gangguan pada organ tubuh manusia. 

2. Mengobati asam urat. Kalau kamu memiliki asam urat, kamu bisa mencoba untuk mengurangi nyeri persendian. Jangan lupa untuk mengurangi makanan yang menyebabkan asam urat. 

3. Mengobati nyeri sendi. Bagian yang menghubungkan antara tulang dengan tulang bisa dikurangi dengan menggunakan minyak herbal ini. 

4. Mengobati rematik. Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit lantaran otot atau sendi mengalami peradangan atau pembengkakan. 

5. Mengobati pegal linu. Otot atau sendi mengalami pegal atau nyeri akibat berolahraga, mengangkat beban, atau duduk terlalu lama. 

6. Mengobati kesemutan. Pastinya kamu pernah merasakan mati rasa setelah duduk bersila dalam waktu lama. Inilah yang disebut kesemutan. 

7. Mengobati keseleo. Terkilir atau keseleo biasanya terjadi akibat aktivitas fisik yang dilakukan berlebihan. 

8. Mengobati sakit pinggang. Jika kamu terlalu lama duduk dan tidak melakukan aktivitas lain, pinggang akan terasa sakit.

Selain itu, minyak kutus-kutus ini juga bisa mengobati otot bengkak, otot kejang, leher tegang, saraf kejepit, lebam, dan lainnya. 

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Obesitas dan Cara Pencegahan Pada Anak

Cara Pemakaian Minyak Kutus Kutus 

Cara memakai minyak kutus kutus ini sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan atau membalurkan kepada bagian yang sakit. 

Kamu bisa membalurkan pada bagian telapak kaki, tulang punggung, atau bagian tubuh lainnya yang bermasalah. 

Kemasan produk memberikan keterangan mengenai bagian tubuh yang menjadi titik sakit. Kamu bisa mengoleskannya pada bagian tersebut. 

Lantaran minyak ini terbuat dari bahan herbal maka minyak kutus kutus ini akan digunakan untuk sehari-hari.

Bagikan:
1103 kali