Studio Arsitek Asal Prancis, A6A Mendesain Rumah Kecil Prefabrikasi. Rumah Ini Berada di Ustaritz, Sebuah Kota Kecil Dekat Perbatasan Prancis-Spanyol (Foto: Rumah123/Designboom)

Biro arsitek asal Prancis, A6A membangun sebuah rumah kecil berukuran 20 meter persegi. Rumah ini mempunyai sederetan keunggulan. Apa saja yang menjadi nilai tambah dari rumah ini?

A6A menamakan rumah ini dengan nama h-eva. Lokasi rumah ini berada di Ustaritz, provinsi Labourd, Prancis. Wilayah ini berbatasan dengan Spanyol.

Ustaritz sendiri berjarak sekitar 782 kilometer dari ibu kota Prancis, Paris. Kota ini tergolong kecil, penduduknya hanya sekitar 7.000 orang saja.

Baca juga: Siapa Mau Tinggal di Rumah Kecil Bertenaga Kopi

Rumah Kecil Ini Memiliki Luas 20 Meter Persegi. Eksterior Rumah Berwarna Hitam Sementara Interior Hunian Berwarna Coklat Kayu (Foto: Rumah123/Designboom)

H-eva merupakan rumah kecil yang independen dan bisa dibawa pergi ke mana saja. Pemilik hanya perlu menariknya dengan mobil.

Rumah mungil ini merupakan kabin kecil dengan bahan prefabrikasi. Arsitek memanfaatkan material kayu terutama kayu lokal seperti douglas fir.

Material kayu tersebut sudah dibakar. Tujuannya adalah melindungi kayu dari serangga seperti rayap dan juga membuat rumah ini tahan terhadap cuaca.

Baca juga: Rumah Kecil Ini Bisa Bikin Penghuninya Terbebas dari KPR dan Hutang

Hunian Kecil Ini Memiliki Dapur, Kamar Mandi, Ruang Duduk, Ruang Makan, dan Dua Ranjang untuk Tidur (Foto: Rumah123/Designboom)

Arsitek mendesain rumah kecil ini sebagai wujud kombinasi kenyamanan modern dengan material tradisional. Eksterior rumah ini bercat gelap, hitam. Sementara interior rumah mengaplikasikan warna kayu yang terang.

H-eva juga memberikan semua kebutuhan bagi penghuni dalam hunian yang hanya mempunyai luas 20 meter persegi. Semua kebutuhan ada di sini.

Rumah kecil ini mempunyai dapur, ruang makan, ruang duduk, kamar mandi, dan dua tempat tidur. Rumah ini cocok untuk tinggal di alam bebas.

Baca juga: Rumah Kecil Sih Udah Biasa, Gimana Kalo Rumah Kapsul

Arsitek Menggunakan Material Kayu yang Telah Dibakar Sehingga Bisa Tahan Terhadap Serangga dan Juga Tahan Terhadap Cuaca (Foto: Rumah123/Designboom)

A6A mendesain rumah ini dengan cara prefabrikasi. Semua material bisa dibawa ke suatu tempat dan kemudian dipasang.

Arsitek merasa kalau rumah kecil yang prefabrikasi ini memiliki keunggulan dalam konstruksi. Apalagi material kayu semakin baik.

Hmm, kalau rumah prefabrikasi ini dipasarkan di Indonesia, kira-kira kamu mau beli nggak? Lumayan lho kalau rumah ini bisa ditempatkan di alam bebas.

Baca juga: Rumah Kecil Seluas 47 Meter di Tepi Jurang, Kamu Punya Nyali Tinggal di Sini

Arsitek Merancang Rumah Ini Secara Prefabrikasi. Material Rumah Bisa Dipasang Menggunakan Alat Berat (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 618 kali