OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa Itu Jalan Tol? Ketahui Pengertian, Singkatan, Sejarah, serta Manfaatnya di Sini!

10 Agustus 2022 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah

apa itu jalan tol

Simak penjelasan lengkap mengenai apa itu jalan tol, yuk. Mulai dari pengertian, singkatan, tujuan, hingga manfaatnya di bawah ini!

Ketika musim liburan telah tiba, biasanya jalan tol dipenuhi oleh kendaraan. Ini wajar, mengingat tol merupakan jalan yang menghubungkan antar kota dengan akses yang lebih cepat.

Sebagai ibu kota, Jakarta memiliki jalan tol yang lebih banyak guna menghubungkan kawasan Jabodetabek. Adanya jalan tol tentu saja memudahkan mobilitas bagi masyarakat. 

Usut punya usut, ternyata istilah “tol” itu bukan lah nama dari jalan tol itu sendiri. Melainkan, sebuah singkatan, lo.

Lalu, apa itu jalan tol? Yuk, ketahui selengkapnya mengenai pengertian, singkatan, sejarah hingga manfaat jalan tol dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Jalan Tol?

apa itu jalan tol

Sumber: Sindonews.com

Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan jalan dan digunakan sebagai jalan nasional.

Seringkali, jalan tol digunakan sebagai jalur alternatif untuk mengurangi waktu tempuh. Sehingga, masyarakat pun bisa sampai tujuan dengan lebih cepat.

Jalan tol juga sering dianggap sebagai jalan bebas hambatan. Setiap negara pasti memiliki jalan tol. Nah, penyebutan jalan tol di luar negeri tentunya berbeda.

Biasanya, jalan bebas hambatan tanpa adanya bayaran disebut dengan freeway, highway, atau expressway. Sedangkan, jika berbayar dikenal sebagai toll way atau toll road.

Singkatan Jalan Tol

Berbeda halnya dengan jalan biasa, jalan tol hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda empat. Tol sendiri merupakan singkatan dari tax on location.

Dari pengertiannya saja, sudah dapat diketahui bahwa terdapat tarif yang akan dikenakan di beberapa pemberhentian.

Nah, biasanya tarif yang dikenakan itu berbeda-beda, bergantung dari panjang jalan yang digunakan. 

Sebagai contoh, tarif tol Jakarta – Tangerang tentu saja akan lebih murah dibandingkan dengan tarif Jakarta – Semarang. Mengingat, keduanya memiliki panjang dan jarak tempuh yang berbeda.

Sejarah Jalan Tol

sejarah jalan tol di indonesia

Sumber: BUMN.Info

Jalan tol sendiri sebenarnya sudah ada sejak akhir tahun 70-an. 

Pada tahun 1973, pemerintah menerima dana pinjaman yang berasal dari luar negeri dan kemudian diserahkan kepada PT Jasa Marga.

Dana tersebut merupakan bagian dari modal pembangunan jalan tol Jakarta – Bogor – Ciawi (Jagorawi). Pada tahun 1978, tepatnya di bulan Maret, Presiden Soeharto kemudian meresmikan jalan tol Jagorawi.

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol pertama di Indonesia tersebut menghabiskan dana sebesar Rp16 Miliar. Untuk panjang jalannya sendiri sekitar 52 kilometer.

Pada peresmian pertamanya, terdapat sekitar delapan pintu masuk tol dengan kapasitas maksimal 50.000 kendaraan roda empat per harinya.

Semenjak saat itulah, pembangunan jalan tol di Indonesia terus berkembang.

Dulu, sistem pembayaran di tol masih menggunakan transaksi tunai.

Semakin lama, sistem pembayaran tunai dinilai kurang efisien. Maka, diberlakukanlah transaksi non tunai agar lebih cepat dan efektif.

Tujuan Penggunaan Jalan Tol

Apa itu tujuan dari jalan tol? Sebenarnya, tujuan utama dari dibangunnya jalan tol yakni untuk memperlancar arus lalu lintas. Sehingga, durasi perjalanan pun bisa lebih singkat.

Kemudian jalan tol juga memiliki tujuan lain, di antaranya meningkatkan pelayanan distribusi barang, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, serta meringkankan beban dana pemerintah.

Manfaat Penggunaan Jalan Tol

Berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) penggunaan jalan alternatif ini memiliki beberapa manfaat tersendiri, ini meliputi:

  • Mobilitas dan aksesibilitas masyarakat dan barang bisa meningkat
  • Pembangunan jalan tol dapat memengaruhi perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi
  • Bagi pengguna jalan tol, akan memperoleh keuntungan berupa penghematan biaya operasisional kendaraan (BOK), waktu tempuh pun akan semakin singkat
  • Badan usaha mendapatkan pengembalian investasi, bergantung pada kepastian tarif tol

Itulah informasi mengenai apa itu jalan tol, mulai dari pengertian, singkatan, sejarah, tujuan, hingga manfaat.

Semoga artikel ini bisa membantu menambah wawasan kamu, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman,

Kamu bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cisauk Point Tangerang.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu dan kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag:


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA