Pernah mendengar aluminium composite panel? Sebagian besar dari kamu mungkin masih asing mendengarnya.

Aluminium composite panel banyak dipilih untuk bangunan dan rumah minimalis - Rumah123.com Aluminium composite panel banyak dipilih untuk bangunan dan rumah minimalis (Rumah123.com/Gettu Images)

Wajar saja, pasalnya, bahan konstruksi satu ini lebih sering digunakan untuk bangunan komersial seperti gedung perkantoran, mall, atau hotel. Belakangan ini saja mulai banyak yang memanfaatkan material ini untuk hunian mereka. 

Apa sih sebenarnya aluminium composite panel itu? Terbuat dari apa material tersebut? Apa keunggulannya dan bagaimana cara mengaplikasikannya di hunian kita? Nah, untuk kamu yang bertanya-tanya, berikut penjelasan selengkapnya dari Rumah123.com.

Mengenal aluminium composite panel

Aluminium composite panel (ACP) adalah bahan bangunan yang terbuat dari bahan non-alumunium berupa bahan polyethylene yang dilapisi lembaran aluminium di kedua sisinya. Seperti yang telah disebutkan di atas, material ACP biasa digunakan untuk melapisi dinding eksterior atau interior bangunan komersial. Sebab, material ini dipercaya bisa menonjolkan kesan artistik dan mewah pada fasad bangunan. Namun kini ACP juga mulai banyak digunakan di rumah-rumah minimalis. 

Jenis-jenis aluminium composite panel berdasarkan lapisan cat-nya

Terdapat dua jenis ACP yang populer di pasaran. Berbeda jenis, berbeda pula kegunaannya. 

1.  Jenis Polyester (PE) yang lebih banyak digunakan untuk dinding interior. Pada dinding interior, ACP jenis polyester biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi.

Keunggulan aluminium composite panel

Ada banyak keunggulan APC yang membuatnya banyak dipilih sebagai material konstruksi bangunan. Beberapa keunggulan di antaranya seperti:

Memiliki bobot ringan

Walaupun lembaran ACP cukup kuat dan kaku, bobotnya bisa dibilang cukup ringan, yaitu sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m2. Lantaran bobotnya ringan, material ACP pun jadi mudah dipindahkan.

Daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca dan iklim

ACP terbuat dari aluminium yang memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Sifat-sifat tersebut membuat ACP tahan lama, bahkan materialnya tak perlu diganti hingga berpuluh-puluh tahun kemudian. 

Ramah lingkungan

Hampir 85% bahan dasar ACP terbuat dari aluminium yang didaur ulang. Maka dari itu, menggunakan ACP sebagai salah satu material bahan bangunan adalah pilihan tepat karena sifatnya yang ramah lingkungan.

Banyak pilihan warna dan pola yang bisa dipilih

 Saat ini, ACP memiliki lebih dari 30 pilihan warna. Selain itu, ada banyak pula pola yang menyerupai pola marmer dan kayu, sehingga mudah pula untuk mengaplikasikannya pada berbagai konsep modern. 

Bagikan: 1375 kali