Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Saat bepergian bersama anak-anak, kamu sebagai mom and dad harus punya persiapan yang ekstra untuk hal ini. Kamu tidak bisa pergi begitu saja tanpa persiapan.

Jika kamu mudik bersama anak-anak, maka kamu harus menyiapkan beberapa hal yang penting. Sebenarnya sih, ibaratnya kamu memindahkan rumah dalam perjalanan. Apalagi kalau kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Kayak Apa Rasanya Makanan yang Disiapkan Robot?

Pertama, makanan. Perjalanan mudik susah diprediksi kan? Berapa jam kamu harus melewati tol Cipali atau Cipularang? Yakin bisa beristirahat di rest area?

Mau nggak mau kamu harus membawa makanan yang simpel. Khusus bagi kamu yang memiliki anak balita, siapkan wadah khusus untuk menyiapkan makanan.

Baca juga: Bisa Jadi Tanaman Hias, Lidah Buaya Dapat Juga Sebagai Makanan dan Obat Lho

Kedua, minuman. Mudik bakal melelahkan lho. Siapkan pasokan air minum terutama air putih selama perjalanan. Jangan sampai kamu dehidrasi.

Kamu perlu membawa beberapa botol air minum, tempatkan di area yang mudah terjangkau. Jika memiliki balita, bawa serta pemanas air atau termos dalam jumlah banyak untuk membuat susu atau makanan cair.

Baca juga: Mau Rumah Bebas dari Gangguan Nyamuk? Jangan Gantung Pakaian!

Ketiga, pakaian. Yang namanya anak-anak mungkin muntah dalam perjalanan. Atau saat makan dan minum, ternyata mengenai pakaian.

Bisa juga karena berkeringat. Kamu harus menyediakan pakaian ganti dalam tas yang mudah dijangkau sehingga kamu tidak perlu berhenti dulu untuk mencarinya.

Baca juga: Mainan Anak yang Aman dan Menyenangkan, Mau Beli?

Keempat, mainan dan gadget. Bepergian jauh dan berada di dalam mobil serta nggak bisa beraktivitas bebas dapat membuat anak-anak cepat bete. Kamu dan pasangan bisa senewen karena masalah ini.

Kamu bisa mengunduh film kartun atau animasi dalam gadget sehingga anak bisa menonton. Atau bawa saja maninan kesukaanya, mobil, boneka, atau apa saja.

Baca juga: Begini Nih, Cara Bikin Bantal dan Guling Tetap Awet

Kelima, bantal dan selimut. Saat perjalanan jauh, anak akan kelelahan dan mengantuk. Kalau tidurnya kurang nyenyak, anak yang masih balita akan rewel.

Coba bawa saja bantal dan selimut. Kalau memungkinkan mungkin kamu dapat membawa kasur kecil agar anak-anak dapat tidur nyenyak.

Bagikan: 476 kali