Interior ruang tamu dengan sentuhan aksen arabik. Foto: Rumah123/Getty
 

Lebaran makin dekat, kamu belum siap-siap? Gak usah panik, coba simak masukan yang dikutip dari Femina berikut ini:

Warna Netral

Dekorasi ruangan rumah untuk Lebaran, selain menerapkan orname khusus semisal nuansa Mediterania yang dekat dengan dunia Islam, perlu juga memperhatikan pemilihan warna interior (termasuk warna dinding) yang netral, semisal putih dan krem. Kedua warna ini memberi efek lapang dan terang pada ruangan. Kedua warna ini juga mudah dipadankan dengan hiasan dekoratif warna-warni dan motif yang rame. Kalau kamu udah memilih warna netral untuk ruangan, maka apa pun warna dekorasi pendukungnya bisa menjadi aksen.

Khusus dekorasi ruangan menjelang Hari Raya Idul Fitri, putih melambangkan kesucian, sesuatu yang bersih, kembali lagi ke fitri. Tapi, warna putih gak harus melulu kamu terapkan di dinding, bisa juga di karpet, tirai, figura foto. Agar gak monoton serba-putih, kamu bisa juga memasukkan warna lain semisal hitam untuk ‘memadamkan’ warna putih yang dominan.

Baca juga: 6 Tips Menyambut Tamu Lebaran di Rumah Biar Gak Malu-Maluin

Bersih-Bersih Ekstra

Perhatikan juga kebersihan tiap sudut ruang dari debu dan kotoran. Kalau sehari-hari kamu udah rutin membersihkan ruangan, maka gak nguras tenaga dan butuh waktu lama kok membersihkannya. Tinggal bersih-bersih ekstra, semisal mencuci gorden agar gak tampak kusam saat Lebaran. Karpet juga perlu divakum agar nyaman saat diinjak atau diduduki. Jangan lupa mengelap kaca jendela dan merapikan barang-barang yang tampak sesak dan berantakan.

Ornamen Tema Hari Raya

Inilah waktunya kamu mengeluarkan hiasan dekorasi yang memiliki tema Hari Raya Idul Fitri, semisal anyaman ketupat. Kalau ingin lebih semarak, tambahkan hiasan pita, bunga, daun, atau ornamen bertuliskan kaligrafi yang bisa ditempel, diikat, ataupun digantung.

Menambahkan tanaman interior juga bermanfaat untuk menambah keteduhan dalam rumah. Tapi, perhatikan kesegaran daunnya dan wadah yang digunakan. Akan lebih cantik bila wadahnya kamu pilih yang unik, semisal gerabah berukir.

Baca juga: Udah Mau Lebaran, Beres-Beres Rumah Ah!

Peralatan Makan Bertema Lebaran

Jamuan Lebaran akan tampak istimewa kalau kamu mengeluarkan barang-barang koleksi semisal teko, sendok, garpu, piring, stoples, dan barang lainnya yang bertema Hari Raya.

Mendekor Teras

Teras juga jangan kamu lewatkan untuk disiapkan. Bukankah bagian rumah ini yang pertama kali akan dilihat para tamu yang berkunjung? Selian harus rapi dan bersih, teras juga bisa kamu dekorasi senada dengan dekorasi dalam ruangan rumah.

Jangan lupa untuk meletakkan beberapa furnitur out door. Daripada kamu menghadirkan perangkat meja dan sofa out door, lebih baik kamu letakkan meja berikut bangku panjang yang saling berhadapan, sehingga ruang out door bisa dimanfaatkan maksimal untuk berkumpul dan bersantap.

Pastikan tanaman-tanaman di halaman depan rumah dalm kondisi baik. Akan lebih unik kalau kamu tambahkan hiasan lampu dengan ornamen khas.

Bagikan: 676 kali