Foto: Rumah123/Getty

Membeli rumah merupakan sebuah tindakan yang akan berakibat permanen karena biasanya akan dihuni lama, jadi untuk kepentingan jangka panjang. Membeli atau menjual rumah juga merupakan transaksi bernilai ratusan juta bahkan miliaran Rupiah. Gak semua orang, mungkin termasuk kamu, memahami dengan baik hal-hal teknis dan detail seputar transaksi membeli atau menjual rumah. Ketidakpahaman ini bisa aja menimbulkan risiko di kemudian hari. Nah, untuk mengantisipasi hal ini ada profesi yang namanya professional broker property atau agen properti.

Peran agen properti sangat dibutuhkan untuk memudahkan, melancarkan, dan mengurai kerumitan proses transaksi sebuah properti apakah itu baru atau bekas (second). Agen properti yang kompeten mampu memberi pertimbangan yang rasional, masuk akal, dan mengarahkan pada deal transaksi yang sama-sama menguntungkan baik untuk pembeli maupun penjual. Mereka sudah terlatih dan berpengalaman soal transaksi properti yang sukses.

Baca juga: Ingat Lho, Agen Properti Kudu Punya Izin dan Sertifikasi

Berikut ini keuntungan menggunakan jasa agen properti:

Banyak pilihan rumah. Kamu akan memiliki banyak pilihan stok rumah, berikut info tentang lokasi, harga, dan desain/model/tipe bangunan rumah.

Harga yang wajar. Agen properti terlatih menjual dengan harga pasar, gak semena-mena menaikkan harga.

Bebas komisi bagi pembeli. Kalau kamu beli rumah menggunakan jasa agen properti gak perlu membayar karena mereka telah mendapat komisi dari si penjual rumah.

Aman. Agen properti punya listing stok properti yang jelas status hukum dan kepemilikannya. Jadi, mengurangi risiko kamu tertipu saat membeli rumah.

Baca juga: Siapa Aja Sih Agen Properti Zaman Now?

Hemat waktu dan biaya. Kamu akan dibantu untuk mendapatkan sumber pembiayaan beli rumah, semisal Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Agen properti biasanya punya relasi kerja dengan pihak bank pemberi KPR.

Membantu pengurusan dokumen kepemilikan rumah. Agen properti bisa menghubungkan kamu ke notaris untuk pengurusan dokumen kepemilikan rumah, yakni Akta Jual Beli (AJB) dan nota real jual-beli. Juga untuk mengurus validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH, yang kadang ribet mengurusnya.

Membantu pindahan ke rumah baru. Kalau diperlukan, agen properti juga bisa membantu kamu saat pindahan ke rumah baru.

Membantu renovasi rumah. Kalau kamu ingin merenovasi rumah pun agen properti siap membantu. Dia bisa menghubungkan kamu ke kontraktor dan arsitek rekanannya.

*

Bagikan: 1627 kali