Rumah Cetakan Tiga Dimensi yang Didesain oleh Eindhoven University of Technology (Rumah123/Dezeen)

Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk membangun rumah sendiri, tahan dulu keinginan kamu paling tidak hingga 2019 mendatang. Ada apa sih?

Sebuah universitas asal Belanda, Eindhoven University of Technology terus mengembangkan sejumlah rumah dengan material cetakan beton tiga dimensi atau 3D print. Rumah pertama akan diselesaikan pada 2019.

Baca juga: Taman Ini Terinspirasi dari Sawah, Wah Ga Percaya Kan?

Proyek ini bernama Project Milestone. Eindhoven University of Technology menjalin kerja sama dengan pemerintah kota Eindhoven, kontraktor, perusahaan pengembang, produsen material, dan perusahaan rekayasa teknik.

Material beton cetakan tiga dimensi ini memiliki banyak keunggulan. Tentunya hal ini memudahkan kalau ingin membangun hunian di masa depan.

Baca juga: Ketika Si Jadul Akur dengan Si Futuristik

“Beton dengan teknik cetak tiga dimensi berpotensi mengubah industri konstruksi. Selain memiliki kemampuan untuk dibuat dalam bentuk apa pun, juga bisa memudahkan arsitek untuk mendesain struktur beton dalam bentuk terbaik,” ujar Eindhoven University of Technology seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

“Salah satu keunggulan pentingnya adalah bisa tahan lama, semakin sedikit penggunaan beton dan juga sedikit penggunaan semen, semua ini mengurangi emisi karbondioksida yang berasal dari produksi semen,” lanjutnya.

Baca juga: Apa Rasanya Tinggal di Rumah 3D Hasil Cetak Robot Portable?

Selain itu, material beton cetakan tiga dimensi ini mudah untuk diproduksi dan cepat. Juga bisa dibentuk dalam beragam macam desain.

Sejumlah pihak seperti biro arsitek, perusahaan semen, dan lainnya juga mengembangkan hunian dari material ini. Di Belanda juga sudah ada jembatan dari material yang sama.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Nah, buat kamu yang mau memiliki rumah dan berencana membangun sendiri, material beton cetakan tiga dimensi ini bisa jadi solusi lho. Siapa tahu biaya pengerjaannya lebih murah dan waktu pembuatannya lebih cepat?

Sambil menunggu semakin bagusnya material cetak tiga dimensi yang sedang dikembangkan, mendingan kamu nabung dulu deh yang banyak.

Bagikan: 599 kali