Dengan 7 trik ini, kegiatan pindah rumah yang terkesan melelahkan dan bikin stres, bisa menjadi lebih mudah dan murah!

Pasangan sedang mempersiapkan barang untuk pindah rumah - Rumah123.com Pasangan sedang mempersiapkan barang untuk pindah rumah (Rumah123.com/Getty Images)

Pindah ke rumah baru memang sangat exciting! Tapi di satu sisi, gak dipungkiri kegiatan ini bisa membuatmu stres dan sangat lelah. Apalagi jika kamu melakukannya tanpa bantuan jasa pindah rumah.

Dijamin bebannya menjadi ekstra. Tapi kamu gak perlu panik dulu. Proses pindahan memang terkesan berat dan melelahkan. Tapi dengan 10 trik pintar ini, dijamin semua bisa lebih praktis, lebih hemat, dan gak bikin kamu stres. 

1.  Berburu kardus bekas di pasar

Kamu tentunya akan membutuhkan banyak kardus ketika pindahan nanti. Tapi ingat, pada akhirnya kardus-kardus tersebut akan kamu buang. Jadi sebisa mungkin, jangan mengeluarkan banyak uang untuk hal ini. Supaya hemat, kamu bisa meminta kardus bekas di pasar atau toko dekat rumahmu. 

2. Singkirkan barang yang tak lagi diperlukan

Pindahan adalah momen paling tepat untuk memilah barang-barang yang masih dan tak lagi digunakan. Tegaslah pada dirimu sendiri dalam hal ini. Pastikan barang-barang yang kamu simpan memang benar-benar digunakan di rumah baru. Sisanya, bisa kamu jual atau donasikan.

3. Pisahkan barang-barang yang akan digunakan pada hari pertama di rumah baru

Sudah menjadi kisah klasik orang-orang kesulitan untuk mencari pakaian ganti, sikat gigi, dan barang-barang lain yang diperlukan untuk hari pertama di rumah baru. Maka dari itu, penting sekali memisahkan barang esensial tersebut di kardus berbeda. Jadi, walaupun kamu cukup membongkar satu kardus itu saja. 

4.  Pilah kardus berdasarkan ruangan

Selama ini, yang banyak diajarkan adalah memilah barang berdasarkan jenisnya. Cara ini memang tak salah, namun kamu akan lebih kerepotan lagi untuk memikirkan barang mana untuk kamar yang mana dan sebagainya. Biar lebih praktis, sedari awal pilah kardus-kardus berdasarkan ruangan. 

5. Pasang busa di antara piring-piring cantikmu

Buat kamu si pengoleksi piring cantik, atau sekadar mau menjaga piring dan keramikmu selama perjalanan menuju rumah baru. Pasang busa di antara barang pecah belah tersebut supaya tak ada kerusakan sesampainya di rumah baru.

6. Foto pengaturan perangkat elektronik

Sudahkah kamu melihat berapa banyak kabel yang terpasang di belakang TV? Ketika kamu mau TV pada malam pertama di rumah baru, kamu mungkin tak akan menemukan buku petunjuk untuk memandumu bagaimana melakukannya. Dengan memotret bagian belakang perangkat TV, kamu bisa dengan mudah menyalin kembali susunan kabel tersebut.

7. Jangan membongkar isi lemari

Membongkar isi lemari merupakan hal yang sia-sia, karena ketika sampai di rumah baru nanti, kamu harus memasukkan kembali isi lemari tersebut. Sebagai gantinya, bungkus dengan plastik pakaian-pakaian di dalam lemarimu. Biarkan lemari tersebut dipindahkan beserta isinya. 

Bagikan: 2502 kali