Shoes cover, bisa melindungi sepatumu dari genangan air musim hujan - Rumah123.com Shoes cover, bisa melindungi sepatumu dari genangan air musim hujan - Rumah123.com

Beberapa hari belakangan, hujan deras melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan sejumlah titik terendam banjir. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi semua orang, terutama untuk kamu yang setiap hari pulang pergi ke tempat kerja.

Jika kamu menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum, harus mengantisipasi hujan yang datang tiba-tiba. Nggak lucu kan kalau harus basah kuyup ketika kamu tiba di kantor? Mau meneduh pun harus menunggu waktu hujan berhenti, yang tentu tak pasti.

Maka dari itu, untuk mengantisipasinya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan 8 hal ini. Dengan cara ini, baju, sepatu, tas, dan barang lainnya tetap kering sepanjang perjalanan pergi atau pulang kerja walaupun hujan mengguyur!

Jas hujan 

Apabila kamu pengguna kendaraan roda dua, maka jas hujan harus masuk ke dalam jok motormu. Kalau bisa, beli jas hujan dengan setelah baju dan celana, sehingga mampu melindungi seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Gak perlu takut lagi deh menerobos hujan yang deras sekalipun. Tapi pastikan juga untuk memilih yang bahannya membuatmu nyaman. Jangan sampai kamu terhindar dari air hujan, tapi malah basah karena air keringat!

Baca juga: Musim Hujan Segera Datang, Segera Siapkan 4 Hal Ini di Rumah!

Payung lipat

Sedia payung sebelum hujan menjadi arti yang harfiah di sini. Turunnya hujan yang tak bisa diprediksi membuat kamu harus menyiapkan benda satu ini di dalam tas, kemanapun kamu pergi. Supaya praktis, pilih payung lipat kecil yang ringan. Payung lipat lebih cocok untuk kamu yang berpindah-pindah menggunakan kendaraan umum. 

Sandal

Kamu tentunya gak mau kan merusak sepatu kerjamu? Maka dari itu, saat berangkat dan pulang kerja, ganti sepatumu menjadi sandal. Genangan air di jalan pun bisa diterobos tanpa takut. Sesampainya di kantor, kamu tinggal mencuci kaki dan mengganti sandal dengan sepatumu. 

Shoes cover

Apakah kamu tipe yang nggak mau ribet membawa-bawa alas kaki ganti? Shoes cover adalah jawabannya. Kamu bisa memakai sepatu kerja langsung dari rumah, namun dilapisi dengan pelindung sepatu waterproof. Sesampainya di kantor, tinggal copot pelindung sepatumu deh!

Bag cover

Jika kamu membawa barang elektronik seperti laptop di dalam tas, maka bag cover anti air wajib ada. Seperti namanya, sarung tas ini berfungsi untuk melindungi tas dari air hujan. Bagaimana jika tas-mu sudah anti air? Coba cek kembali, apakah tas tersebut waterproof, atau hanya water resistant?

Jika waterproof, bisa dibilang tas tersebut aman tanpa harus dilapisi bag cover lagi. Tapi jika hanya water resistant, bisa dipastikan ketika hujan deras, air tetap bisa menembus isi tas-mu. Maka sebaiknya kamu menggunakan tambahan cover bag jika bahan tas milikmu hanya water resistant

Baca juga: Harga Toren Air Terbaru 2019, Yuk Segera Beli untuk Persiapan Musim Hujan

Pelindung smartphone

Sangat susah untuk tak bergantung dengan smartphone di era yang serba digital ini. Di saat hujan turun pun, ada kemungkinan kamu tetap harus membuka smartphone-mu. Baik itu untuk membalas pesan penting hingga memesan transportasi online. Walaupun hujan rintik-rintik, ketika ada bulir air yang terkena smartphone, bukan tidak mungkin lama kelamaan telepon pintar tersebut rusak. Untuk melindunginya, gunakan pelindung smartphone yang berbahan plastik. 

Baju ganti

Jaga-jaga jika pakaianmu kena basah, sebaiknya bawa salinan baju ganti paling tidak satu lembar. Atau jika kamu tak mau berat-berat membawa pakaian ganti, simpan beberapa lembar pakaian di lemari milikmu di kantor. 

Handuk kecil

Hampir jarang orang kepikiran untuk membawa handuk kecil di musim hujan. Padahal, benda satu ini sangat bermanfaat lho untuk mengeringkan bagian tubuh yang kena basah. Daripada kamu harus membeli tisu ketika kebasahan, lebih baik membawa handuk kecil kan?

Vitamin 

Penyakit akan lebih mudah menghampiri di musim hujan. Perubahan cuaca yang ekstrem membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi jika kamu masih hobi jajan di pinggir jalan. Jangan sampai kamu sakit dan pekerjaanmu terganggu. Sediakan vitamin dan konsumsi secara rutin untuk mempertahankan daya tahan tubuh. 

Makanan ringan

Hujan membuat lapar sering menyerang. Sayangnya, ketika hujan para pedagang jarang yang berjualan. Daripada kamu harus menahan lapar hingga sampai rumah, sebaiknya sediakan makanan ringan seperti roti atau camilan di dalam tas-mu. 

Tips tambahan untuk menghadapi musim hujan:

Selain 8 benda di atas, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu ikuti agar musim hujan tak mengganggu kesehatanmu!

Hindari pakaian ketat

Hindari memakai pakaian ketat di musim hujan karena memicu pertumbuhan jamur di kulit tubuh yang menyebabkan infeksi jamur di daerah sekitar kelamin, leher, ketiak, dan penyakit kulit lainnya. Hal ini disebabkan karena jamur akan berkembang dalam kondisi lembab dan panas. Maka dari itu, gunakan pakaian longgar selama musim hujan!

Mandi dua kali sehari

Cuaca dingin di memang membuat setiap orang jadi malas mandi. Tapi sebaiknya kamu tak mengikuti rasa malas tersebut ya. Sebab, seperti yang disebutkan di atas, jamur senang dengan cuaca lembab. Untuk melindungimu dari infeksi jamur, sebaiknya lakukan mandi secara rutin seperti biasa, dua kali sehari. 

Bagikan:
1971 kali