Beli furniture online memang gampang-gampang susah - Rumah123.com Beli furniture online memang gampang-gampang susah - Rumah123.com

Belanja online memang punya banyak keuntungan. Kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga ketimbang harus pergi ke toko dan bermacet-macetan untuk menuju sana. Belum lagi, lantaran tak perlu membayar sewa toko, penjual toko online kerap memberikan harga lebih murah. Gak heran, banyak orang yang beralih ke belanja online. Mulai dari membeli barang kebutuhan sehari-hari, hingga barang mahal sekalipun. 

Tapi, bagaimana jika kamu membeli furniture via online? Kamu tak bisa langsung melihat kualitas dari furniture tersebut. Ukurannya pun sulit untuk dibayangkan. Salah-salah mengukur dan membayangkan, bisa-bisa uang yang keluar sia-sia. Membeli furniture melalui online memang gampang-gampang susah, tapi bukan berarti tak bisa. Ada beberapa tips anti gagal saat membelinya! 

1. Pilih toko online yang reputasinya bagus

Seperti membeli barang lainnya, hal pertama yang harus dilakukan saat belanja online adalah melihat reputasi toko tersebut. Pastikan bahwa toko yang dipilih memiliki ulasan yang baik dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir risiko terjadinya penipuan. Jangan lupa juga bandingkan satu toko dengan lainnya. Bandingkan dari segi harga, lokasi, dan penawaran tambahan yang ditawarkan. Cara ini bisa membuatmu mendapatkan harga terbaik. 

Baca juga: Siap-Siap, Pemilik Online Shop Wajib Kantongi Izin Usaha di 2020

2. Perhatikan deskripsi produk

Furniture bukanlah barang kecil yang jika tak cocok bisa kamu ganti semaunya. Maka dari itu, kamu perlu lebih teliti memerhatikan deskripsi produk. Adapun hal-hal ini yang sebaiknya kamu perhatikan:

- Material yang digunakan

- Detail panjang, lebar, dan tinggi

- Warna produk

- Sesuaikan dengan ukuran ruangan

- Berat produk yang akan dibeli

- Proses pemasangan

3. Pilih sistem pengiriman barang 

Setelah melakukan tahapan di atas, maka selanjutnya kamu harus memilih sistem pengiriman barang yang dilakukan oleh pemilik toko. Tanya langsung kepada penjual terkait pengiriman, mulai dari pengemasan, berat produk, lokasi toko, hingga ongkos kirim. Biasanya ongkos kirim yang diminta cukup mahal, apalagi jika furniture yang dibeli memiliki ukuran besar. 

Apabila pemilik toko memiliki beberapa opsi ekspedisi, sebaiknya kamu membandingkan terlebih dahulu harga dari masing-masing ekspedisi untuk meminimalisir harga yang terlampau mahal. Satu lagi, jangan lupa juga untuk menanyakan seputar pemasangan. Apabila mereka menawarkan jasa pemasangan dengan harga murah, maka tak masalah untuk menggunakan jasa tersebut.

4. Tanyakan soal garansi pembelian

Umumnya, penjual furniture online memberikan garansi pada setiap pembelian. Sebab dalam proses pengiriman bisa terjadi kerusakan barang yang menyebabkan cacat pada produk. Kamu bisa menggunakan garansi jika hal ini terjadi. Tanyakan juga soal proses pengembalian barang jika produk yang diterima tak sesuai deskripsi pada situs online. Dengan begitu, kamu tak akan rugi banyak jika hal terjadi. 

Bagikan: 906 kali