rumah dp rp0- rumah123.com Ilustrasi Rusun Susun Sederhana Milik. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Membuka Pendaftaran Rumah DP Rp0 Gelombang Kedua Mulai Rabu, 7 Agustus 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tingginya animo masyarakat membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran Rumah DP Rp 0 gelombang kedua. Yang mau punya rumah, buruan daftar.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran rumah DP (down payment) Rp0 gelombang kedua sejak Rabu (7/8/2019). Masyarakat tertarik untuk memperoleh hunian terjangkau.

Program DP Rp0 ini resmi diluncurkan pada Oktober 2018 lalu. Program ini merupakan Solusi Rumah Warga (Samawa).

Baca juga: Rumah DP Rp0 Ditargetkan Selesai Pada Agustus 2019

Saat ini, pembangunan hunian vertikal yang menjadi hunian pertama DP Rp0 bernama Klapa Village ini sudah hampir selesai. Rencananya, pembangunan Klapa Village selesai pada Agustus 2019.

Klapa Village berlokasi di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian ini berupa rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik). Tower A memiliki 790 unit rusunami dari berbagai tipe.

Ada tiga tipe unit hunian yang ditawarkan yaitu studio, 1 bedroom atau 1 kamar tidur, dan 2 bedroom atau 2 kamar tidur. Unit rusunami ini dipasarkan mulai dari Rp184 jutaan.

Baca juga: Rumah DP Rp0 Diprioritaskan Untuk Pendaftar Berkeluarga, Jomblo Harap Sabar Ya

Ketika program hunian DP gelombang pertama dibuka, ada ribuan orang yang mendaftar. Setelah melewati proses seleksi, ada 1.790 orang yang lolos dan dianggap memenuhi syarat.

Dari jumlah tersebut, 1.063 orang di antaranya telah menyerahkan sejumlah dokumen sebagai syarat mengurus proses kredit properti. Bank DKI sudah mulai melakukan proses pengurusan KPR.

Lokasi Pendaftaran Rumah DP Rp0 Gelombang Kedua

Pendaftaran Rumah DP Rp0 gelombang kedua ini dibuka guna memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin memiliki hunian terjangkau. Selain itu, juga membuka peluang bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri.

Masyarakat bisa mendaftar di Klapa Village pada 7-13 Agustus 2013. Setelah itu, mulai 14 Agustus 2019, masyarakat bisa mendaftar pada setiap hari kerja di Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta yang berlokasi di kawasan Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Sama saja (pendaftaran gelombang 1 dan 2), maksudnya cuma kita antisipasi ke depan kalau kita bangun,” ujar Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Rumah DP Rp 0, Dzikran Kurniawan seperti dikutip oleh situs berita online Kumparan.com.

“Kalau masih berminat di sini (di Klapa Village) silakan. Optionnya bisa milih di sini, bisa juga lokasi lainnya,” lanjut Dzikran.

Masyarakat Bisa Mendapatkan Informasi Rutin Rumah DP Rp0

Lebih lanjut, Dzikran menyatakan bahwa melihat pengalaman ketika proses seleksi dan verifikasi gelombang pertama, ada 301 orang yang datang ke Klapa Village. Mereka datang cuma untuk mendapatkan informasi mengenai program Samawa.

Dzikran menyatakan masyarakat yang datang dapat memperoleh informasi mengenai pembangunan rusunami Klapa Village atau rusunami baru yang akan dibangun kelak. Sebenarnya, jika masih ada unit rusunami yang tersisa di Klapa Village, masyarakat yang mendaftar pun bisa memilihnya.

“Siapa yang butuh program Samawa, kalau di Klapa Village masih bisa boleh dong. Kalau sudah penuh boleh dong kalau ada info lagi diinfo. Nanti kan ada email, ada kontaknya nanti kita infokan rutin. Kalau masih berminat di Pondok Klapa tinggal dicontreng. Kalau dia enggak dapat juga, dia waiting list juga,” kata Dzikran.

Sejumlah Lokasi Rencana Pembangunan Rusunami Rumah DP Rp0

Sejumlah media online nasional pernah memberitakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan membangun lagi sejumlah rusunami di beberapa lokasi. Situs berita online Republika.co.id melansir salah satu lokasi berada di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Laman Detik.com menyatakan Jakpro (Jakarta Propertindo) akan membangun rusunami di tiga kawasan di Jakarta Utara yaitu Rorotan, Kelapa Gading, dan Yos Sudarso. Jakpro merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang pembangunan properti. Jakpro juga yang akan membangun stadion besar untuk klub Persija Jakarta.

Situs Viva.co.id melansir bahwa lokasi pembangunan rusunami akan dilakukan di Cilangkap, Jakarta Timur. Pembangunan akan dilakukan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya.

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

Baca juga: Apa Saja Sih Persyaratan Beli Rumah DP Rp0
Bagikan: 3497 kali