Saat Ini, Angin Kencang Sering Melanda Indonesia. Jangan Lupa Mengecek Kondisi Atap Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images/REA Group Australia)

Angin kencang dan puting beliung masih mengancam sejumlah kawasan di Indonesia. Jangan lupa untuk mengecek kondisi rumah terutama atap ya gaes.

Kompas.com melansir kalau angin kencang melanda Dusun Kelontong, Desa Jambewangi, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Ahad (30/12/2018). Seorang warga meninggal dunia akibat tertimpa pohon.

Sementara puting beliung menjerjan Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupatan Cirebon, Jawa Barat pada hari yang sama. Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa ini.

Baca juga: Kayak Apa Sih Rumah Sederhana yang Tahan Cuaca

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menyatakan kalau angin kencang dan hujan deras masih akan mengancam beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Masih ingat dong, puting beliung yang sempat melanda Bogor, Jawa Barat serta kawasan bisnis Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu? Banyak bagian atap bangunan yang beterbangan.

Saatnya kamu untuk mengecek kondisi rumah kamu ya. Coba deh cek bagian atap rumah. Pastikan tidak ada bagian yang bisa copot atau terbang saat angin kencang.

Baca juga: Hati-Hati Gaes, Jakarta Dibayangi Cuaca Ekstrem dalam Satu Pekan ke Depan

Biasanya, rumah memiliki bagian atap yang memasang fiberglass untuk sebagian kecil atap atau carport. Dibandingkan dengan genteng yang berat, bagian atap fiberglass ini rentan rusak bisa terkena angin kencang.

Kamu bisa memperkuat bagian ini dengan memasang paku lebih banyak atau memberikan lem dalam jumlah banyak. Lebih baik mencegah daripada atap rumah terbang kan?

Periksa juga bagian rumah yang lain. Mungkin ada bagian yang bisa copot terkena angin kencang, perbaiki segera ya.

Baca juga: Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Bagikan: 772 kali