Walaupun aneh, cara membersihkan panci dan wajan berikut ini sangat mudah! - Rumah123.com Walaupun aneh, cara membersihkan panci dan wajan berikut ini sangat mudah! - Rumah123.com

Telur ceplok, creamy pasta, daging sapi panggang, ayam goreng madu, adalah makanan yang sangat enak. Tapi setelah proses masak selesai, dijamin panci dan wajan akan tampak kacau balau. Sisa makanan dan lemak yang tebal akan menempel di permukaan. Belum lagi jika pantat panci dan wajan harus gosong terbakar. Rasanya, malas sekali untuk membersihkannya!

Ketika kamu harus menghadapi hal ini, jangan khawatir berlebihan. Coba deh sejumlah cara membersihkan panci dan wajan berikut ini. Kamu gak perlu memberikan banyak usaha untuk membuat panci dan wajan kembali bersih seperti baru!

Gunakan dryer sheet atau lembar pengering

Dryer sheet memang masih belum cukup umum di Indonesia. Tapi di luar negeri, setelah kamu mencuci dan membilas, orang-orang akan menggunakan dryer sheet sebagai pelembut pakaian. Manfaatnya sama seperti pelembut pakaian. Ajaibnya, benda satu ini juga ampuh untuk membersihkan panci. Cara penggunaannya juga gampang. Cukup isi panci dengan air panas, tambahkan dryer sheet, dan rendam selama satu jam. Setelah itu, kotoran akan lebih mudah dihilangkan. Cukup gosok-gosok sedikit, noda bekas makanan atau pun gosong pada panci dan wajan akan segera hilang. 

Aluminium sangat ampuh untuk menggosok kotoran di panci dan wajan

Aluminium foil adalah teman terbaik untuk menghilangkan bekas gosong pada panci dan wajan yang kotor. Ini sangat efektif untuk diaplikasikan pada panci dan wajan berukuran besar. Potong selembar aluminium, lalu bentuk menjadi bola. Rendam panci dan wajan dengan sabun cuci piring dan air panas, lalu gosok dengan aluminium foil. Untuk melindungimu dari ujung aluminium yang tajam, gunakan sarung tangan saat proses bersih-bersih berlangsung. 

Cuka dan soda kue akan mengembalikan kilau panci & wajan

Buat kamu yang suka menggunakan produk alami non kimia, maka cuka dan soda kue bisa jadi pilihan tepat. Campur segelas air panas dengan ⅓ sendok cuka. Taburkan baking soda ke permukaan panci/wajan yang kotor, lalu tuangkan campuran air panas dan cuka. Biarkan cairan hingga mengeluarkan suara mendesis. Di sinilah cuka dan baking soda sedang bekerja untuk mengangkat partikel kotor dari panci/wajan. Bilas hingga bersih, dan panci/wajan pun akan terlihat seperti baru. 

Gula batu bisa menghancurkan kotoran yang mengeras pada panci/wajan

Sama seperti aluminium foil, gula batu yang teksturnya keras dan kasal sangat ideal untuk menghancurkan kotoran sisa makanan yang mengeras. Rendam panci/wajan terlebih dahulu, cuci gunakan cairan pencuci piring, dan gosok dengan gula batu. Cara ini bisa mempermudah pekerjaanmu berkali-kali lipat!

Menggunakan minuman bersoda

Jika kerak atau gosong muncul pada bagian dalam panci, kamu bisa mencoba menggunakan minuman bersoda ke dalamnya. Tuang air soda ke dalam panci, kemudian rebus dengan api kecil. Kerak gosong panci kemudian akan lebih mudah dibersihkan setelah direbus selama beberapa menit.

Bagikan: 7895 kali