Toilet Sensia Arena yang diproduksi oleh Grohe. Foto: Pinterest

Sekarang memang zaman serbapintar. Toilet pun bisa dikendalikan dengan ponsel pintar. Sebut saja toilet Sensia Arena yang diproduksi oleh Grohe. Produsen sanitari asal Jerman ini menghadirkan smart shower toilet yang dikendalikan dengan smartphone.

Toilet pintar tersebut memadukan desain yang memberikan kenyamanan spa ala Jepang dengan kecanggihan teknologi Jerman.

"Shower toilet Sensia Arena menunjukkan bagaimana teknologi modern dapat meningkatkan kualitas kehidupan dengan memadukan inovasi terbaru, keahlian, dan gaya desain kontemporer,” Kata Marketing Director PT Grohe Indonesia, Arfindi A Batubara, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/8).

Baca juga: Toilet dari Material Ramah Lingkungan? Wah Kekinian Banget Ya!

Menurutnya, toilet pintar tersebut memanfaatkan berbagai macam teknologi. Kekuatan air dan posisi shower arm dengan temperatur yang dapat disesuaikan. Juga memanfaatkan teknologi spray pattern dan cleansing cycle.

Teknologi tersebut dapat diatur dengan mengaplikasikannya pada ponsel pintar. Namun, aplikasi teknologi tersebut baru bisa diakses melalui Iphone saja. "Untuk saat ini baru terdapat pada ios," kata dia.

Tersedia pula fitur self cleaning. dengan teknologi pembilasan yang canggih, sehingga tidak memungkinkan kuman mengendap. Keunggulan lainnya yakni bisa mencegah berkembangnya kuman hingga 99% berkat teknologi HyperClean dengan silver ion yang dibenamkan.

Baca juga: Jangan Asal! Ini Catatan Penting Bikin Toilet dalam Kamar Tidur

Teknologi lain yang ditanamkan yaitu kekuatan triple vortex flush yang menggabungkan tiga outlet air terpisah untuk menciptakan pusaran air yang efektif, sehingga tercipta kebersihan maksimal.

Inovasi fitur lainnya yakni odour absorption yang dikombinasikan dengan Airshield untuk mencegah aroma tidak sedap memenuhi ruangan.

"Dengan semua fitur-fitur tersebut, Sensia Arena tetap dapat digunakan seperti toilet konvensional untuk kemudahan dan kenyamanan setiap penggunanya, termasuk bahkan bagi anak-anak," kata Arfindi.

Baca juga: Yuk, Siapkan Desain Toilet Unik!

Meskipun harga toilet pintar ini cukup fantastis (Rp80-90 juta), namun laris di pasaran sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Untuk pasar dunia, setidaknya sudah 40.000 unit Sensia Arena yang terjual. Tapi, untuk Indonesia baru diluncurkan pada Rabu, 9 Agustus 2017, di Hotel Mulia, Jakarta.

Harga yang tak murah, menurut Arfindi, sepadan dengan teknologi yang ditawarkannya. Semisal toilet tersebut dapat mendeteksi kehadiran orang di sekitarnya dengan cara membuka penutupnya secara otomatis.

Bagikan: 803 kali