Klub Liga Inggris, Chelsea Sempat Berencana Membangun Stadion Baru (Rumah123/Dezeen)

Rencana biro arsitek asal Swiss, Herzog & de Meuron untuk membangun ulang stadion klub sepak bola Liga Inggris, Chelsea harus tertunda. Alasannya iklim investasi yang kurang menguntungkan.

Sebelumnya, Herzog & de Meuron sudah mendesain stadion baru untuk menggantikan Stamford Bridge. Nilai pembangunannya mencapai 500 juta pound (Rp9,3 triliun).

Baca juga: Rumah Keren Arsitek Spesialis Stadion, Yuk Main ke Sini

“Tidak ada desain pra konstruksi dan rencana pembangunan yang akan dilakukan. Klub tidak memiliki rencana waktu untuk memikirkan ulang keputusan ini. Keputusan dibuat berdasarkan iklim investasi yang kurang menguntungkan.”

Inilah pernyataan yang dirilis oleh Chelsea di situs resminya dan dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen. Keputusan ini sepertinya terkait masalah visa Inggris untuk pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Juragan minyak asal Rusia ini baru saja mengambil kewarganegaraan Israel. Hal ini dapat dipahami kalau ketidakjelasan kalau dia belum mendapatkan izin masuk ke Inggris ini berdampak pada keputusan untuk menunda pengerjaan stadion.

Sebelumnya, pemerintah lokal sudah melakukan tindakan mencegah tindakan pengadilan yang menentang desain stadion. Sejumlah warga setempat mengklaim kalau stadion akan menghalangi cahaya masuk ke rumah mereka.

Baca juga: Mimpi Bareng Yuk! Kapan Indonesia Punya Stadion Keren Kayak Gini?

Herzog & de Meuron terpilih untuk menambah kapasitas stadion Chelsea yang berada di ibu kota Inggris, London. Stadion berada di kawasan London Borough of Hammersmith dan Fulham.

Stadion lama dibangun pada 1876 silam. Arsitek asal Skotlandia, Archibald Leitch merancang stadion ini. Stamford Bridge menjadi home base Chelsea sejak 1905.

Baca juga: Cegah Serangan Teroris, Klub Bola Manchester United Pasang Barikade di Luar Stadion

Stadion baru akan memiliki fitur berupa 264 bagian dari material batu bata. Bagian bata ini akan menopang bagian baja. Nantinya, area ini akan memiliki toko, museum, dan restoran.

Herzog & de Meuron merupakan biro arsitek yang didirikan oleh Jacques Herzog dan Pierre de Meuron. Keduanya suka sepak bola dan sering mendesain stadion. Beberapa di antaranya adalah Allianz Arena di Jerman yang menjadi kendang klub Liga Jerman, FC Bayern Munich dan TSV 1860 Munich serta Bird’s Nest di Beijing, China.

Baca juga: Klub Inggris Burnley Pasang Barikade di Luar Stadion untuk Atasi Serangan Teroris

Herzog & de Meuron Pernah Mendesain Sejumlah Keren di Jerman dan China (Rumah123/Dezeen)
Rencana Pembangunan Stadion Baru Chelsea Dihentikan (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 615 kali