Apartemen Synthesis Residence Kemang. Pembangunannya bakal rampung pada 2020. Foto: Rumah123/Dok. Syntheis Residence Kemang
   

Tahu tentang sensor VWSG (Vibrating Wire Strain Gauge)? Dengan menggunakan sensor ini, maka kita bisa jadi tahu reaksi bored pile saat dibebani bangunan di atasnya. Kalau dikerjakan secara tepat, maka bored pile mampu menopang beban bangunan yang ada di atasnya hingga 500 ton. Nah, demi memastikan hal ini secara tepat, salah satu langkahnya adalah menggunakan sensor VWSG. Lewat keberadaan sensor ini, dapat diketahui reaksi bored pile saat dibebani bangunan tinggi.

Hal tersebut itulah yang dilakukan saat mengerjakan basement Apartemen Synthesis Residence Kemang oleh Synthesis Development. Gimana hasilnya selama pengerjaan bored pile Synthesis Residence Kemang tersebut? “Hasil tesnya cukup bagus. Berarti bored pile sudah sesuai dengan apa yang direncanakan,” kata Project Manager Synthesis Residence Kemang, Erwin Basuki, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (24-5-2018).

Baca juga: Synthesis Residence, Ikon Baru Hunian di Kemang

“Akan ada 30 lantai di atasnya yang bakal ditopang oleh bored pile. Itu tentunya tidak ringan,” kata Erwin lagi. “Karena itu, kami tes menggunakan sensor tersebut.”

Perlu kamu tahu, di tanah tempat berdiri Apartemen Synthesis Residence Kemang ada 6 lapisan ke dalam. Sensor VWSG ditanamkan di dalam bored pile sesuai posisi setiap lapisan tanah tersebut. “Pada satu posisi lapisan tanah, kami pasang dua sensor pada bored pile,” kata Erwin. “Jadi, satu bored pile punya 12 sensor.”

 
Pengerjaan bored pile yang diberi sensor pada fondasi Synthesis Residence Kemang. Foto: Rumah123/Synthesis Residence Kemang
 

Kalau harga satu sensor VWSG saat ini sekitar Rp8 juta, berarti pada sebuah bored pile saja Synthesis Residence Kemang sudah menginvestasikan dana nyaris Rp100 juta. Wow! bukan uang yang sedikit, bukan? Itu baru harga sensornya lho, belum lagi ditambah honor konsultan khusus untuk membaca hasil tes sensor tersebut. Jadi, bisa dimengerti kan kalau gak semua developer memanfaatkan teknologi ini untuk membangun proyeknya. Muahaal!

Baca juga: Cari Hunian Bernuansa Etnik Modern? Synthesis Residence Kemang Aja!

Emang bukan keharusan sih menggunakan sensor VWSG saat membangun apartemen. Sifatnya cuma additional (tambahan) saja. Lantas, kenapa Synthesis Residence pake sensor VWSG segala? Tentunya karena demi memberikan rasa aman yang lebih bagi para penghuni nantinya. Di sisi inilah kredibilitas Synthesis Development sebagai pengembang bertambah. Pengembang dengan kredibilitas tinggi, pantas kamu pilih.

Adapun progres pembangunan Apartemen Synthesis Residence Kemang saat ini yakni telah selesai mengerjakan 1.236 tiang bored pile untuk fondasi Tower Nakula dan Tower Sadewa proyek hunian Synthesis Residence Kemang.

“Sampai sejauh ini pengerjaan proyek Synthesis Residence Kemang tetap berjalan sesuai target waktu. Jadi, kami optimistis untuk menyelesaikan (pembangunan) tepat waktu di 2020,” kata Erwin.

Bagikan: 553 kali