OK

Alasan Kenapa Babi Haram dalam Islam tapi Tetap Diciptakan

19 Juli 2022 · 3 min read · by Kartika Ratnasari

kenapa babi haram

Umat Islam tentunya sudah tahu bahwa mengonsumsi babi sifatnya haram. Tapi, tahukah kamu alasan kenapa babi haram namun tetap diciptakan?

Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa bagi umat Islam, babi adalam haram hukumnya.

Hampir seluruh umat Muslim tahu bahwa babi dianggap haram karena najis.

Bukan hanya dagingnya saja yang haram, melainkan juga seluruh bagian yang dihasilkan babi seperti kulit, minyak, tulang, darah, dan bagian tubuh lainnya.

Namu, tahukah kamu kenapa babi haram dalam Islam dan kenapa babi tetap diciptakan walaupun haram?

Temukan jawabannya di sini!

Alasan Kenapa Babi Haram dan Tetap Diciptakan

Larangan ini sudah tercantum dalam Alquran, bahkan terdapat satu surat yang menyebutkan larangan untuk mengonsumsi babi, yaitu pada surat Al-Maidah ayat 3, yang artinya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala,” (QS: Al-Maidah:3).

Bahaya Babi untuk Kesehatan

Melansir Kemenag.go.id, menurut Prof. Dr.Ir. Rachman Noor, M.Rur.Sc, seorang pakar genetika ternak dalam bukunya “Rahasia dan Hikmah Pewarisan Sifat”, babi memiliki tingkat kesamaan SINE (Short Intersperse Nucleotide Element) dan LINE (Long Intersperse Nucleotide Element) yang sangat tinggi sama seperti manusia, sehingga memakan daging babi dapat dinilai sama seperti sifat kanibal, dan dikhawatirkan dapat mengakibatkan kelainan generasi berikutnya.

Di samping itu, babi juga memiliki kandungan air seni yang sangat banyak hingga masuk ke dalam darah dan bahkan mengotori dagingnya.

Kandungan asam urat pada daging babi juga lebih besar dibandingkan binatang yang lainnya, jika manusia mengonsumsinya, maka senyawa  tersebut akan berubah menjadi racun dalam tubuh dan berbahaya bagi kesehatan.

Lantas, kenapa babi haram tapi tetap diciptakan?

Alasan Babi Tetap Diciptakan Meski Haram untuk Muslim

daging-babi-haram-1

Sumber: Detik.com

Melansir Bincangsyariah.com, manusia tidak harus selalu tahu apa alasan di balik larangan dari Allah SWT karena hanya Allah yang tahu betul hal terbaik untuk ciptaan-Nya.

 Hal itu tercantum di dalam surah Al-Anbiya ayat 23:

“Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai,” (QS Al-Anbiya:23).

Bisa jadi terciptanya babi adalah ujian untuk umat Muslim, dan dengan diharamkannya babi umat Muslim diuji dari segi keamanan dan hawa nafsu.

Itu dia penjelasan kenapa babi haram bagi Muslim namun tetap diciptakan oleh Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Southeast Capital Jakarta Timur.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: ,


Kartika Ratnasari
Kartika Ratnasari

Content Editor di Rumah123.com | Warga suburban yang bercita-cita punya rumah besar di Jakarta.