ganjil genap- rumah123.com Ilustrasi Kemacetan di Jakarta. Sejumlah Warga Mengeluhkan Sulitnya Akses Menuju ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Setelah Uji Coba Perluasan Sistem Pembatasan Kendaraan Ganjil Genap, Namun Sebenarnya Ada Jalur Alternatif Untuk Mencapai RSCM (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sejumlah warga mengeluhkan sulitnya akses menuju RSCM setelah diterapkannya sistem pembatasan kendaraan ganjil genap. Jangan khawatir, ada jalur alternatifnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan sudah melakukan uji coba perluasan sistem ganjil genap (gage) sejak 12 Agustus 2019 lalu. Sosialisasi uji coba ini akan dilakukan hingga 6 September.

Perluasan sistem ganjil genap ini baru diberlakukan pada 9 September mendatang. Sistem ganjil genap memang diperluas.

Baca juga: Yuk, Siasati Ganjil Genap dengan Naik Transportasi Massal

Sebelumnya, hanya ada sembilan jalan yang masuk dalam sistem ganjil genap. Sekarang, ada tambahan 16 ruas jalan menjadi total 25 jalan di seluruh Jakarta yang menerapkan sistem ganjil genap.

Sebenarnya, sosialisasi ini hanya diberlakukan pada 16 ruas jalan baru. Sementara sembilan jalan lainnya tetap menerapkan aturan sistem ganjil genap.

Untuk informasi tambahan, ada perubahan waktu sistem ganjil genap. Sebelumnya, sistem ganjil genap ini diberlakukan pada pukul 06.00-10.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) untuk pagi hari dan pukul 16.00-20.00 WIB untuk sore hari.

Baca juga: Ingat Ya, Ganjil Genap Juga Berlaku di 28 Exit Jalan Tol, Ini Dia Daftarnya

Perbedaan terjadi pada petang hari, sementara pada pagi hari waktunya tetap. Pada sore hari, jam perberlakuan sistem ganjil genap berubah menjadi 16.00-21.00 WIB. Ada tambahan durasi satu jam.

Perluasan pemberlakuan sistem ganjil genap ini tentunya membutuhkan sosialiasi dalam jangka waktu cukup lama. Tentunya agar masyarakat bisa mencari alternatif transportasi atau akses alternatif.

Salah satu ruas jalan yang terkena sistem ini adalah Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, dan sekitarnya. Untuk diketahui, salah satu rumah sakit terbesar dan terlengkap di Indonesia yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) berada di kawasan ini.

Jalur Alternatif Menuju RSCM

Sejumlah warga Jakarta mengeluhkan kesulitan akses untuk menuju RSCM lantaran uji coba sistem ganjil genap. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan ada jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menuju RSCM jika dalam keadaan mendesak.

“Akses ke RSCM dari Matraman bisa belok kiri menuju Tugu Proklamasi. Kemudian masuk Jalan Diponegoro lalu belok kiri ke arah RSCM. Lewat depan LBH (Jakarta),” ujar Syafrin seperti dikutip dari situs berita online Kumparan.com.

“Kemudian ke RS Carolus juga sama. Setelah RSCM bisa masuk ke Carolus lewat RSCM, karena pintu RS Carolus ada di depan RSCM,” lanjut Syafrin.

Baca juga: Ganjil Genap Diperluas, Jalan Mana Saja yang Masuk Daftar?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah memberikan respons keluhan warga yang ingin ke rumah sakit, namun menemui kendala sistem ganjil genap. Anies menyatakan bahwa saat ini masih dalam tahan uji coba.

Anies melanjutkan dalam masa uji coba ini, semua potensi masalah bisa dibuatkan solusinya lantaran masih uji coba. Dia juga menyatakan peraturan gubernur juga belum dikeluarkan.

Gubernur DKI mengucapkan terima kasih atas masukan masyarakat yang membantu pihaknya dalam membuat implementasi. Sistem ganjil genap memang bisa mengendalikan jumlah kendaraan yang berefek pada pengendalian kualitas udara. Namun, kebutuhan dasar masyarakat untuk akses kesehatan juga harus terpenuhi.

Baca juga: Seperti Apa Kriteria Jalan yang Akan Masuk Perluasan Ganjil Genap di Jakarta

Bagikan: 1712 kali