Merah untuk furnitur, terlihat menarik dengan paduan dinding dan lantai berwarna putih netral, juga aksen hijau pada gorden. Foto: Rumah123/iStock
 

Mengapa merah? Dalam psikologi warna, merah terkategori warna hangat. Sifatnya yang mencolok membuat merah menjadi warna yang bagus kamu jadikan aksen di sebuah ruangan, baik itu ruang tamu, ruang kerja, ruang makan, maupun ruang keluarga. Kalau kamu memilih warna netral untuk ruangan di rumahmu, maka kehadiran si merah akan menjadi aksen yng menarik.

Kamu bisa memberi aksen merah pada pilihan sofa, gorden, elemen interior semisal lukisan. Seorang desainer interior dari San Francisco, Denna McLaughlin, mengatakan, warna merah ga bikin bosan. Menurutnya, dengan menghadirkan furnitur semisal sofa berwarna merah pada ruang tamu, maka dapat memberikan cahaya lembut ketika cahaya matahari menerobos jendela, sehingga menimbulkan rasa hangat yang bikin kita betah duduk di ruang tersebut.

Baca juga: Datangkan ‘Hoki’ ke Rumah Lewat Warna Hijau

Dinding dan lantai yang berwarna netral merupakan perpaduan serasi dengan sofa berwarna merah. Kehangatan warna sofa akan berpadu dengan warna netral dinding dan lantai sehingga membuat ruang tamu terasa sangat nyaman.

 
Ruang kerja dengan menghadirkan warna merah sebagai aksen ruangan. Foto: Rumah123/iStock
 

Merah juga bagus kamu tempatkan di ruang kerja. Salah satu faktor yang menurunkan produktivitas kita dalam berkarya atau bekerja adalah kebosanan, betul kan? Nah, di ruang kerja biasanya tampak jejeran kursi, meja, komputer, tumpukan dokumen. Pemandangan yang semacam ini mengundang kejenuhan. Kesuntukan bertambah kadarnya bila warna dinding di sekitar ruangan datar-datar saja, kalau tak menyebutnya dengan dingin. Warna dingin bikin otak malas berpikir.

Baca juga: Gak Ada Salahnya Bermain Warna, Ceria Kok!

Jadi, menambahkan warna merah di ruang kerja, akan membangkitkan semangat kerja. Membangun suasana ceria bisa dengan cara mengecat dinding dengan warna-warna cerah semisal merah. Jadi, jangan ragu memilih merah sebagai ‘penghidup’ ruangan-ruangan rumahmu.

Ruang meeting bergaya modern dengan menghadirkan warna merah pada dinding sebagai aksen. Foto: Rumah123/GettyImages
Bagikan: 429 kali