rumah dp rp0- rumah123.com Show Unit Klapa Village. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Membangun Rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik) Progam Rumah DP Rp0 di Cilangkap, Jakarta Timur. Sebelumnya, Pemprov DKI Telah Melakukan Serah Terima Kunci Rusunami di Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Foto: Rumah123/Sarana Jaya.co.id)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melanjutkan program Rumah DP Rp0 dengan membangun rusunami kedua di Cilangkap, Jakarta Timur.

Program Rumah DP (Down Payment) Rp0 akan berlanjut. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyelesaikan pembangunan rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Rusunami ini bernama Klapa Village. Hunian vertikal ini memiliki 780 unit yang terdiri dari tiga tipe unit rusunami yaitu studio, one bedroom atau satu kamar tidur, dan juga two bedroom atau dua kamar tidur.

Baca juga: Animo Masyarakat Tinggi, Pendaftaran Rumah DP Rp0 Gelombang Kedua Dibuka

Situs berita online Tribunnews.com melansir bahwa harga tipe studio dipasarkan mulai dari Rp184 juta, tipe satu kamar dipasarkan dengan harga Rp210 juta, dan tipe tiga kamar tidur dipasarkam dari harga Rp335 juta.

Konsumen sudah mulai melakukan akad kredit sejak akhir Agustus 2019. Laman berita online Kompas.com menyatakan konsumen juga telah menerima kunci dalam seremoni serah terima kunci pada Sabtu (31/8/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan kunci kepada pemilik hunian.

Animo masyarakat untuk mendapatkan rusunami dalam program Rumah DP Rp0 ini memang besar. Pemprov DKI Jakarta pun berencana untuk membangun rusunami selanjutnya di Cilangkap dan Pulo Gebang, keduanya di Jakarta Timur.

Rusunami Program Rumah DP Rp0 Jilid 2 Bernama Nuansa Cilangkap

Pemprov DKI akan membangun rusunami dengan skema serupa. Rencananya, rusunami ini dibangun di dua lokasi, salah satunya di Cilangkap, Jakrata Timur.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory Pinontoan menyatakan bahwa rusunami di Cilangkap akan dibangun pada akhir 2019. Dia menyatakan proses pembangunan rusunami di Cilangkap masih dalam tahap perencanaan.

“Kalau sekarang (masih tahap) perencanaan, kemudian mengurus perizinan, setelah selesai baru ground breaking (peletakan batu pertama pembangunan). Mungkin Oktober atau November untuk ground breaking di Cilangkap,” kata Yoory.

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

Rusunami di Cilangkap ini bakal mempunyai spesifikasi yang sama dengan Rusunami Klapa Village di Pondok Kelapa. Namun, ada yang berbeda dari penamaan rusunami ini yaitu menggunakan nama Nuansa.

“Nama semuanya itu nuansa, Nuansa Pondok Kelapa, Nuansa Cilangkap. Nanti sama dengan Nuansa Pondok Kelapa karena luas lahan hampir mirip, sekira 700-800 unit,” ujar Yoory lagi.

Sementara itu, Kompas.com mengutip pernyataan Direktur Administrasi dan Keuangan PD Pembangunan Sarana Jaya Bima Priyo Santosa bahwa pembangunan rusunami Cilangkap akan dilakukan secepatnya.

Baca juga: Rusunawa Pasar Rumput Selesai Dibangun Agustus 2019

“Kalau enggak salah, nanti September atau paling lama Oktober kami sudah harus groundbreaking rumah DP (Rp) 0 di Cilangkap. Karena itu kan berkaitan dengan perizinan juga jadi harus kami proses terus,” ujar Bima.

Bima juga menyatakan bahwa jumlah unit hunian vertikal di Nuansa Cilangkap lebih banyak dari Klapa Village. Jumlah unit rusunami di Klapa Village hanya 780 unit, sementara Nuansa Cilangkap berjumlah 900-1.000 unit.

Dia juga memastikan bahwa rusunami Nuansa Cilangkap tidak lebih mewah dari Klapa Village. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memiliki ketentuan baku, standar, dan kriteria mengenai rusunami.

Baca juga: Hutama Karya Kembangkan Rusunami TOD di Stasiun Jurangmangu

Bagikan: 1234 kali