jalan tol- rumah123.com Ada Lima Tol yang Akan Dibangun Untuk Menghubungkan Yogyakarta, Semarang, dan Solo, Investasi Properti di Ketiga Kota Ini Akan Terlihat Lebih Menarik Para Investor (Foto: Rumah123/Getty Images)

Lima jalan tol akan hadir di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tiga kota yaitu Yogyakarta, Semarang, dan Solo semakin menarik untuk dijadikan tujuan investasi properti.

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah menyatakan ada lima ruas jalan tol baru yang akan dibangun. Kelimanya adalah Semarang-Demak, Semarang-Kendal, Bawen-Yogyakarta, Solo-Yogyakarta, dan Yogyakarta-Cilacap.

Situs berita online Tribunnews.com mengutip pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat kalau perkembangan ruas tol Semarang-Demak menjadi yang paling cepat.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang Seksi IV Akan Beroperasi

Tol Semarang-Demak sudah dilelang. Proses perencanaan dan rencana pembangunannya paling cepat. Rute jalan tol ini sempat mengalami revisi, namun akhirnya bisa ditentukan.

Tol ini akan menjadi rute untuk memecah kepadatan Jalur Pantura (Pantai Utara). Selain itu, ruas yang mempunyai rute sepanjang 27 kilometer ini akan berfungsi sebagai tanggul laut. Kehadiran jalan tol ini untuk mengantisipasi banjir air laut dan abrasi di pesisir utara Jawa.

Sementara Tol Semarang-Kendal sedang dalam tahap menyusun trase atau rute. Nantinya, ruas tol ini bakal terhubung dengan Semarang-Demak.

Baca juga: Tol Bandung-Cilacap Akan Dibangun dengan Rute Sepanjang 210 Kilometer

Kehadiran jalan tol ini diprioritaskan lantaran akan menjadi akses masuk ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal. Sebelumnya, KEK Kendal bernama Kawasan Industri Kendal (KIK).

Yogyakarta Akan Terhubung dengan Tiga Jalan Tol

Daerah Istimewa Yogyakarta bakal terkoneksi dengan tiga jalan tol. Saat ini, Tol Solo-Yogyakarta sudah memiliki trase. Tol ini memiliki rute sepanjang 94 kilometer, 34 kilometer di antaranya berada di Jawa Tengah.

Tol Solo-Yogyakarta ini melewati tiga kabupaten yaitu Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. Perkembangan ruas tol ini sudah mencapai persiapan penetapan lokasi.

Jalan Tol Bawen-Yogyakarta telah memiliki trase. Tol ini akan melewati empat kawasan yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Batam Akan Miliki Jalan Tol, 70 Persen Didesain Melayang

Ruas tol ketiga adalah Tol Yogyakarta-Cilacap. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan jalur selatan harus memiliki tol karena jalur pantura akan jenuh dan padat.

Nantinya, Tol Yogyakarta-Cilacap ini akan terhubung dengan Bandara Yogyakarta dan juga kawasan Jawa Barat. Saat ini, ada rencana pembangunan Tol Bandung-Cilacap.

Potensi Bisnis Properti di Yogyakarta, Solo, dan Semarang

Yogyakarta adalah ibu kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini dikenal sebagai kota tujuan wisata dan juga kota pendidikan.

Solo merupakan sebuah kota kecil di antara Semarang dan Yogyakarta. Kota ini berada di Jawa Tengah. Solo juga menjadi tujuan wisata.

Sementara Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota industri ini menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak ketujuh di Indonesia.

Baca juga: Tol Pertama di Kalimantan Bakal Beroperasi Pada Akhir 2019

Potensi bisnis properti di kota-kota seperti Semarang, Yogyakarta, dan Solo tentunya masih berupa rumah, villa, rumah kos dan juga rumah toko (ruko). Belakangan, apartemen sudah mulai hadir di ketiga kota ini. Para penyewa adalah para mahasiswa. Saat ini, mahasiswa tidak identik lagi dengan tinggal di kos.

Turis juga membutuhkan tempat menginap. Turis tidak hanya melirik hotel berbintang atau hotel kelas melati, namun juga rumah, villa, hingga kamar kos. Investor memiliki banyak pilihan untuk berinvestasi.

Bagikan: 1567 kali