Foto: Rumah123/iStock

Rumahmu selalu berantakan? Kamu mulai ’’senewen’’? Tenang... masih ada cara untuk mengakalinya kok. Salah satunya dengan membuat gudang mini. Ga harus dalam bentuk ruangan kok. Kamu bisa menggunakan media apapun sebagai tempat penyimpanan.

Kalau di rumah ada ruang kosong sekecil apapun, semisal sebuah celah di pertemuan dinding rumah, manfaatkan saja celah kosong itu sebagai gudang.

Selain area kosong, kamu juga bisa memanfaatkan kolong tempat tidur. Letakkan rak-rak datar atau laci-laci di situ. Di kolong tempat gtidur ini kamu bisa menyimpan koleksi buku, majalah, aksesori, bahkan sepatu.

Baca juga: Bersih-Bersih Rumah Yuk! Sebelum Tikus dan Kecoak Sering Bertamu!

Ketika kamu membeli barang elektronik besar semacam kulkas, jangan langsung buang boks-nya. Sebab, dengan sedikit kreasi, kardus atau boks ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan yang menyerupai furnitur. Untuk ini, kamu bisa cari literatur cara membuatnya di internet.

Kalau ruangan rumah rapi, tentunya jadi enak dipandang, bukan? Semua penghuni rumah jadi betah dan kualitas hidupnya pun meningkat karena sarang kuman berkurang. Selain menjaga kerapian rumah, penghuni rumah pun harus menjaga perilaku bersih.

Nah, kebiasaan jorok apa saja yang harus kamu hilangkan? Kebiasaan jorok yang kerap berisiko terhadap kesehatan semisal kamu menggunakan spons cuci piring dan lap tangan dalam waktu yang lama, gak diganti-ganti.

Baca juga: Kamar Tidur yang Rapi, Bikin Happy Loh...

Lap tangan dan spons cuci piring haruslah diganti secara rutin, setidaknya satu atau dua minggu sekali. Terutama lap tangan di dekat bak cuci haruslah diganti agar tidak menjadi sarang kuman.

Sisa makanan yang disimpan dalam kulkas, jika terlalu lama bisa saja membusuk. Bukan hanya menyebarkan bau tidak sedap, melainkan juga memperbanyak kuman pembawa penyakit.

Selain itu,  karena malas atau tak sempat, terkadang peralatan makan tak segera dicuci. Kebiasaan mencuci peralatan makan dari perak hanya dengan menyekanya dengan air tanpa sabun merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Ngemil saat nonton televisi di sofa yang empuk? Hmmm, pasti sangat menyenangkan. Tapi, sayangnya, seringnya kamu mager untuk segera membuang sampah bungkus camilan dan minuman ringan itu. Hmmm..., kalau mau rumahmu selalu rapi dan bersih, kebiasaan ini harus disetop deh!

 
Bagikan:
1820 kali