air tanah vs air hujan

Sumber air menjadi salah satu hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga baik air tanah maupun jenis air-air lainnya.

Untuk penggunaan air sehari-hari ada berbagai pendekatan yang dilakukan oleh penghuni rumah, terlebih air menjadi hal yang cukup sensitif dalam rumah tangga.

Pasalnya, kebutuhan air bersih merupakan salah satu prioritas bagi keluarga, sehingga harus diperhatikan dengan sangat baik.

Ada berbagai sumber air yang bisa dipilih untuk kebutuhan rumah tangga yang dapat dimaksimalkan oleh penghuni rumah.

Kebutuhan sumber air paling bersifat alami harus diperhatikan dengan baik.

Lantas, seperti apa perbandingan air tanah dan air hujan, maka yang lebih layak untuk digunakan sehari-hari? 

Simak pembahasannya bersama-sama!

Membandingkan Air Tanah vs Air Hujan, Mana yang Layak Digunakan Sehari-Hari?

Dalam prosesnya ada beberapa perbandingan antara kedua jenis air bersih dengan referensi berikut ini. 

Air Tanah 

Air tanah dki jakarta (anafortx47.com)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 mengenai Sumber Daya Air yang mendefinisikan air ini terdapat di lapisan batuan di bawah permukaan tanah.

Penggunaan air sumur tanah juga banyak diterapkan untuk aktivitas sehari-hari khususnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Dalam prosesnya, air tanah juga memiliki beberapa manfaat yang baik sebagai bagian dari siklus hidrologi yang terus dapat diperbaharui.

Tak hanya menjadi sumber daya terbarukan, penggunaan air jenis ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Memiliki banyak manfaat, ada dua jenis yang perlu diketahui yakni air freatik atau sumur dangkal dan artesis.

Umumnya, sumur dangkal memiliki kedalaman hingga 3 meter sementara sumur artesis bisa mencapai 80 meter.

Penggunaan air ini juga ditentukan oleh sifat fisik dan sifat kimia yang terkandung mulai kondisi keruh, kekentalan hingga suhu air.

Selain itu, rasa airnya juga bisa dikatakan sedikit payau karena kandungan garam yang tersuspensi oleh air.

Kualitas air sumur juga berpengaruh terhadap sebuah lokasi hunian, sehingga hal ini juga harus diperhatikan oleh para penghuni rumah.

Apabila kondisi rumah berdekatan dengan air laut, umumnya kualitas air tanahnya dalam keadaan kurang baik sehingga harus digantikan oleh air PAM.

Kelemahan Air Sumur Tanah 

Meski penggunaan air ini tak akan habis, namun banyak masalah yang menghantui dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, kualitas air sumur tanah juga dipengaruhi oleh vegetasi tanah hingga ketersediaan sumber air yang menyebabkan tumbuhnya industri pesat dengan kecenderungan permintaan air tanah.

Permasalahan lainnya dalam pemakaian rumah tangga juga memiliki kecenderungan asam organik dengan kadar besi tinggi yang diakibatkan aktivitas manusia di lereng gunung.

Sementara, air dengan kandungan asam organik tinggi bisa diakibatkan lahan gambut yang kaya akan senyawa organik khususnya di dataran rendah. 

Air Hujan 

penampungan air hujan detikNews

Selain air tanah, penggunaan air hujan ternyata bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan cara ditampung dalam bak penampungan yang sudah disediakan.

Seperti air pada umumnya, air hujan cenderung tidak memiliki karakter spesifik mulai dari bau, tidak ada kuman dan terlihat bersih,

Meski demikian, air hujan memiliki kandungan gas, debu dan asap yang beracun bagi tubuh.

Penggunaan air hujan bisa digunakan untuk beberapa aktivitas rumah tangga mulai kebutuhan mandi, menyiram kloset, mengepel, mencuci kendaraan dan lain-lain.

Air hujan yang tidak ditampung ke dalam bak penampungan, dapat diresapkan ke dalam tanah melalui sumur resapan. 

Jika kamu ingin menggunakan air hujan untuk digunakan sebagai salah satu aktivitas rumah tangga, maka bisa dilakukan dengan cara disaring dan diuji secara teratur.

Selain itu, secara faktor medis air hujan juga masih diuji secara ilmiah sehingga penggunaannya harus dilakukan secara cermat.

Untuk diketahui, air hujan cenderung sedikit memiliki asam dengan pangkat Hidrogen sekitar 5,0 hingga 5,5 yang terkumpul dari lingkungan dan polusi udara.

Dapat disimpulkan, penggunaan air tanah masih lebih baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan catatan kebutuhan sumur air yang dalam dengan kondisi bersih dan memadai.

Sementara, penggunaan air hujan merupakan opsi yang cukup terjangkau meski harus disaring kembali sehingga menjadi lebih bersih dan berkualitas.

Itulah beberapa perbandingan antara penggunaan air sumur tanah dan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari.

Temukan informasi menarik seputar hunian, selengkapnya di Rumah123

"Simak keunggulan hunian idaman terbaik bersama Golden Park III Tangerang di sini selengkapnya."

Bagikan:
460 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia