jw-marriott-1 Talkshow pada acara Property Outlook 2017 yang digelar Rumah123 di Hotel JW Marriot. Foto: Rumah123/Dodiek AD

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, berbagi cerita tentang business trip-nya ke Singapura beberapa waktu lalu dalam acara Property Outlook 2017.

Acara tahunan Rumah123 tersebut berlangsung di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan, Rabu (14/12) malam. Talkshow bertajuk “Rebound di Sektor Properti yang Tak Lagi Cuma Mimpi” ini menampilkan sejumlah pembicara baik dari dunia perbankan, real estate (pengembang), dan situs properti.

Baca juga: Siapa Bilang Jakarta-Bogor Jauh? Saat Ini, Akses Semakin Mudah Lho

Untung menuturkan, di Singapura dan India sudah ada laman internet yang menunjukkan industri properti tidak membutuhkan broker atau agen properti lagi.

Maraknya digital marketing saat ini memang membuat peran manusia tersisihkan. Peran para broker pun jadi 'terancam'.

“Kalau dulu ada penjual, broker, dan pembeli. Kalau sekarang ada penjual, teknologi online, dan pembeli,” kata Untung.

Baca juga: Township dan Superblok Bisa Menjawab Kebutuhan Konsumen Properti

Akan tetapi, Untung menyatakan para pelaku industri tidak perlu panik akan fakta ini. Untung optimistis bahwa agen properti belum akan tergantikan secara total karena industri properti merupakan high involvement product.

Akan tetapi, Untung mengingatkan bahwa broker atau agen properti saat ini harus paham teknologi informasi terkini. Lebih-lebih banyak konsumen properti sekarang ini merupakan generasi milenial yang melek teknologi.

Baca juga: Rancamaya Mulai Membidik Segmen Pasar Keluarga Muda

Untung lantas menampilkan sekilas produk properti atau hunian yang diambil dengan kamera 360. Gambar tayangan ini mampu menampilkan sebuah hunian secara rinci sampai ke bagian dalam-dalamnya.

Dengan teknologi tersebut, calon pembeli properti tak harus jauh-jauh mendatangi lokasi. Cukup dengan mencermati rumah contoh yang dibuat si pengembang.

Dengan semakin melek teknologi, Untung berharap agen properti bisa lebih mudah meyakinkan calon pembelinya. (Wit)

Bagikan: 1516 kali